Jokowi Soal Prabowo Pimpin Proyek Lumbung Pangan: Pertahanan Bukan Hanya Alutsista

Senin, 13 Juli 2020 20:06 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Soal Prabowo Pimpin Proyek Lumbung Pangan: Pertahanan Bukan Hanya Alutsista Potret Jokowi dan Prabowo kerja bareng. ©Instagram/Prabowo

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjelaskan alasan memilih Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto untuk menggarap lumbung pangan nasional. Menurutnya, tugas Menhan bukan hanya mengurusi alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Namun, dia mengungkapkan, Menhan juga bertanggung jawab terhadap ketahanan pangan. Terlebih, Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) telah memperingatkan akan adanya krisis pangan.

"Yang namanya pertahanan itu bukan hanya urusan alutsista, tetapi juga ketahanan di bidang pangan menjadi salah satu bagian dari itu," jelas Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Senin (13/7).

"Ini sudah disampaikan Menhan dengan hitung-hitungan cost berapa, anggaran berapa, dalam membangun food estate yang ada di Kapuas dan Pulang Pisau (lokasi lumbung pangan di Kalimantan Tengah)," sambungnya.

Lumbung pangan ini dibangun untuk memproduksi cadangan pangan yang dibutuhkan apabila terjadi krisis. Meski proyek lumbung pangan dipimpin oleh Prabowo, Jokowi memastikan bahwa Menteri Pertanian (Mentan) juga akan dilibatkan.

"Tapi tetap Mentan kan juga back di situ. Nanti urusan pertanian yang lain, pangan yang lain ya tetap Mentan," terangnya.

Baca Selanjutnya: Jokowi menuturkan lumbung pangan di...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini