Jokowi Soal Corona: Belajar dari Negara Lain, Tapi Tidak Bisa Meniru Begitu Saja

Selasa, 31 Maret 2020 16:56 Reporter : Merdeka
Jokowi Soal Corona: Belajar dari Negara Lain, Tapi Tidak Bisa Meniru Begitu Saja perjalanan bisnis jokowi. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Indonesia belajar dari negara-negara lain dalam menangani virus corona (Covid-19). Namun, dia menegaskan Indonesia tidak bisa langsung meniru cara negara lain menangani corona.

"Kita harus belajar dari pengalaman dari negara lain. Tetapi kita tidak bisa menirunya begitu saja," ujar Jokowi dalam video conference, Selasa (31/3).

Hal itu, kata dia, karena semua negara memiliki ciri khas yang berbeda. Baik itu jumlah penduduk, karakter dan budaya, perekonomian masyarakat hingga kemampuan fiskalnya.

"Oleh karena itu, kita tidak boleh gegabah dalam merumuskan strategi," ucapnya.

Jokowi menuturkan bahwa pemerintah telah menghitung dan mengkalkulasi dengan cermat setiap kebijakan yang diambil. Sehingga, setiap kebijakan yang dikeluarkan tidak merugikan masyarakat.

"Inti kebijakan kita sangat jelas dan tegas. Yang pertama kesehatan masyarakat adalah yang utama. Oleh sebab itu kendalikan penyebaran Covid-19 dan obati pasien yang terpapar," jelas dia.

1 dari 1 halaman

Kebijakan yang Diambil

Sebelumnya, Jokowi telah menetapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PPSB) terkait pandemi virus corona. Kebijakan itu diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) yang telah ditandatangani Jokowi.

"Pemerintah juga sudah menerbitkan peraturan pemerintah (PP) tentang Pembatasan sosial Berskala Besar, dan Keppres penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat," kata dia.

Dengan terbitnya aturan itu, Jokowi meminta agar para kepala daerah tak membuat kebijakan sendiri-sendiri. Dia menegaskan semua kebijakan di daerah harus sesuai dengan peraturan, UU, PP, serta Keppres tersebut.

Reporter: Lizsa Egeham
Sumber: Liputan6.com [eko]

Baca juga:
Data 31 Maret Kasus Covid-19: 1.528 Positif, 81 Sembuh, 136 Meninggal Dunia
Cuitannya Didengar, Deddy Corbuzier Senang Dengar Kabar WNA Dilarang Masuk Indonesia
Kasus Positif Virus Corona di Sumbar Bertambah Menjadi 11 Orang
Wapres Ma'ruf Minta Warga Tidak Mudik Karena Berisiko Memperluas Virus Corona
Defisit Melebar Jadi 5,07 Persen, Jokowi Siapkan Tambahan Rp450 T Tangani Corona
Pemerintah Siapkan Langkah Antisipasi Resesi Global Akibat Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini