Jokowi Silaturahmi dengan Pemenang Festival Gapura Cinta Negeri

Senin, 2 September 2019 12:30 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Jokowi Silaturahmi dengan Pemenang Festival Gapura Cinta Negeri Jokowi dan Dubes Uni Eropa. ©2013 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar silaturahmi bersama pemenang lomba Festival Gapura Cinta Negeri di Istana Negara, Jakarta. Jokowi menyebut, Festival itu merupakan wujud pemerintah yang mengapresiasi masyarakat karena telah merayakan hari kemerdekaan ke-74 Indonesia.

"Saya kira ini adalah sebuah kecintaan kita semuanya untuk kampung kita, untuk negara kita yang diwujudkan lewat bangunan gapura. Yang saya lihat semuanya tidak ada yang jelek. Semuanya bagus semuanya," kata Jokowi, Senin (2/8).

Eks Gubernur DKI Jakarta itu mengajak semua pemenang untuk kembali mengikuti festival ini pada hari ulang kemerdekaan Indonesia tahun depan.

"Sekali lagi selamat dan kita nanti bertemu lagi di tahun depan. 75 tahun Indonesia merdeka," ujarnya.

Adapun kesepuluh pemenang Festival Gapura Cinta Negeri kategori umum adalah Sriyanta dari Kabupaten Boyolali, Eko Siswanto dari Kota Semarang, Moh. Nurrohman dari Kabupaten Rembang, Roni Sintiu dari Kota Batu, Otniel Kayani dari Kabupaten Kepulauan Yapen, Dede Rahmat dari Kabupaten Bandung Barat, Arief Rahman dari Kota Banjarmasin, Ramsyah ST dari Kabupaten Kutai Kartanegara, Mahgodie Idris dari Kota Palembang, dan Riyadi dari Kabupaten Magelang.

Sementara itu, tiga pemenang Festival Gapura Cinta Negeri kategori Lembaga/ Instansil Perusahaan/ Organisasi adalah PT. Varash Saddan Nusantara dari Kota Denpasar, SMA Kristen Barana dari Kabupaten Toraja Utara, dan Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Kamo dari DKI Jakana.

Sedangkan, Menteri Sekretariat Negara Pratikno menambahkan, tujuan festival itu untuk membawa memori bangsa ke masa Ialu dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI dengan penuh semarak. Berbagai perlombaan pun digelar sederhana dan meriah, serta beragam kegiatan yang merekatkan kebersamaan anak bangsa.

"Partisipasi dan antusiasme masyarakat di dalam menyemarakkan festival gapura tahun ini, memperlihatkan bahwa semangat itu masih ada di antara kita. Kami berharap tahun depan animo peserta semakin bertambah dan semakin meriah," kata Pratikno.

Kemudian, Kepala Bekraf Triawan Munaf mengapresiasi peran dari banyak pihak yang telah menyukseskan Festival Gapura 2019. Ia bangga dengan kreativitas dan semangat gotong royong yang mewarnai proses pembuatan Gapura.

"Acara seperti ini belum pernah ada, semoga menjadi tradisi ke depannya. Menjadi titik momentum membangkitkan kembali budaya selebrasi yang sudah ada sebelumnya," ucap dia.

Untuk diketahui, sebanyak 1.793 peserta tercatat mengikuti festival ini dengan mendaftar melalui website gapuracintanegeri.com. Desain gapura dinilai bagus dan unik lantaran mengandung unsur kearifan lokal di dalamnya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini