Jokowi siapkan Inpres penanganan gempa Lombok

Senin, 20 Agustus 2018 14:20 Reporter : Merdeka
Jokowi siapkan Inpres penanganan gempa Lombok Gempa Lombok. ©handout/BNPB

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku tengah menyiapkan instruksi presiden (inpres) soal penanganan bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Ini baru disiapkan Inpres," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/8).

Selain menyiapkan inpres, kata Jokowi, yang lebih terpenting adalah penanganan langsung para korban gempa. Jokowi mengatakan pemerintah pusat akan memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah Provinsi dan Pemkab di NTB.

"Tentu saja yang paling penting adalah kepada masyarakat. Intinya ke sana," tandas Jokowi.

Gempa bumi beruntun di Lombok mengakibatkan korban jiwa dan kerusakan bangunan bertambah. Gempa dengan kekuatan 6,9 SR (bukan 7 SR, telah diralat BMKG) yang mengguncang Lombok dan sekitarnya pada Minggu (19/8) pukul 19.56 WIB menimbulkan guncangan keras di Lombok Timur dan Lombok Utara dengan intensitas VI-VII MMI (kuat).

Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB hingga Senin (20/8) pukul 10.45 WIB, tercatat 10 orang meninggal dunia, 24 orang luka-luka, 151 unit rumah rusak (7 rusak berat, 5 rusak sedang, 139 rusak ringan) dan 6 unit fasilitas ibadah.

BNPB menyebut ini adalah data sementara karena pendataan masih berlangsung. Kendala listrik padam total menyebabkan komunikasi dan pendataan terhambat.

Reporter: Hanz Salim
Sumber: Liputan6.com [dan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini