Jokowi Serukan Hentikan Perang dan Bangun Perdamaian di Kongres Peradilan Konstitusi

Rabu, 5 Oktober 2022 19:57 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Jokowi Serukan Hentikan Perang dan Bangun Perdamaian di Kongres Peradilan Konstitusi Jokowi kunjungi korban Tragedi Kanjuruhan. ©BPMI Setpres

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh negara berjuang untuk menghentikan perang dan membangun perdamaian. Dia mengatakan, perang antara Rusia-Ukraina belum ada tanda-tanda akan berakhir.

"Perang Rusia-Ukraina dan masing-masing sekutunya belum ada tanda-tanda akan segera berhenti. Kita harus bersama-sama berjuang untuk menghentikan perang dan membangun perdamaian," kata Jokowi saat membuka Kongres ke-5 Konferensi Badan Peradilan Konstitusi se-Dunia Tahun 2022 di Bali, Rabu (5/10).

Jokowi mengharapkan adanya langkah bersama dari lintas negara dalam membangun perdamaian. Selain itu, menegakkan konstitusional justice di tengah menguatnya rivalitas antar negara baik di bidang militer maupun ekonomi.

2 dari 2 halaman

"Kita harus memperkuat rajutan persahabatan antar bangsa, kita harus mendorong jalinan kerjasama antarnegara, kita perbanyak kolaborasi untuk mewujudkan stabilitas perdamaian dan kemakmuran dunia," ucapnya.

"Kita perluas ruang-ruang kerjasama baik dalam konteks bilateral maupun multilateral. persaudaraan dan solidaritas harus terus kita bangun dengan langkah-langkah yang nyata dan hasil-hasil yang nyata," sambungnya.

Jokowi mengajak untuk bersiap-siap memitigasi dan mengelola krisis dengan sebaik-baiknya. Kata dia, selain memperjuangkan konstitusional justice yang merupakan elemen kunci dari demokrasi perlindungan HAM dan kepastian hukum, masing-masing negara pasti sedang berjuang keras menghadapi krisis pangan, energi dan finansial.

"Masing-masing negara pasti menjadi titik sinergi antara konstitusional justice dan penanganan krisis," tutupnya. [fik]

Baca juga:
Kesedihan Jokowi di Depan Pintu Maut 12 Stadion Kanjuruhan, Tempat Korban Berjatuhan
Jokowi soal Tunjangan TNI: Cukup Semua, Tidak Ada Prajurit yang Ngeluh
Wajah Sedih Jokowi Berbincang dengan Korban Kericuhan Stadion Kanjuruhan
Jokowi Bicara Pintu Maut Stadion Kanjuruhan: Pintu Terkunci, Tangga Terlalu Tajam
Usai Tragedi Kanjuruhan, Jokowi: FIFA Siap Bantu Perbaiki Sepak Bola Indonesia
Jokowi Desak Percepat Investigasi Tragedi Kanjuruhan: Barangnya Kelihatan Semua Kok
Saksikan Defile Alutsista, Jokowi: Bentuk Kesiapan TNI Hadapi Perubahan Geopolitik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini