Jokowi: Semua Kepala Negara Pusing karena Krisis, Indonesia Tidak

Jumat, 2 Desember 2022 10:28 Reporter : Merdeka
Jokowi: Semua Kepala Negara Pusing karena Krisis, Indonesia Tidak Presiden Jokowi berulang tahun. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, Pemilu tahun 2024 akan berjalan serentak dari segala lini tingkatan. Mulai dari pemilihan bupati, walikota, gubernur, anggota legislatif hingga kepala negara.

Dia meyakini, hal itu bukan pekerjaan mudah di waktu yang terbatas. Apalagi kondisi saat ini makin diperparah dengan situasi ekonomi global yang tengah carut marut.

"Pemilu 2024 ini kita selenggarakan dalam kondisi ekonomi global yang diliputi ketidakpastian, kita harus memiliki perasaan sama mengenai ini," kata Jokowi saat pidato pembukaan dalam acara konsolidasi Nasional dalam rangka Kesiapan Pemilu Serentak 2024 di Convention Hall Beach City Entertainment Center (BCEC)–Ancol, Jumat (2/12).

"Kita tidak berada posisi normal tetapi abnormal," sambungnya.

Jokowi meyakini, situasi dunia saat ini mulai tidak stabil karena diawali wabah pandemi Covid-19. Belum reda badai tersebut, perang Ukraina dan Rusia berkecamuk yang berakibat krisis di segala sektor. Mulai dari geopolitik, pangan, energi hingga finansial.

"Krisis di semua negara dan justru yang banyak di negara maju," urai Jokowi.

2 dari 2 halaman

Karena itu, Jokowi mengingatkan perlunya persatuan antar sesama anak bangsa untuk bertahan menghadapi kondisi dunia saat ini. Bahkan, dia menyebut semua kepala negara di dunia tengah pusing.

"Kita harus memiliki perasaan yang sama bahwa saat ini keadaan dunia sedang sulit, dan semua kepala negara pusing kepalanya, (tapi) Indonesia tidak," canda Jokowi.

Jokowi bersyukur, Indonesia masih ada dalam situasi aman terkendali. Apalagi pasca ajang KTT G20 yang diyakini memberi dampak pertumbuhan ekonomi yang baik.

"Tapi kita tetap harus hati-hati dan waspada jangan sampai membuat kebijakan sekecil apapun yang salah sehingga menjadi sulit. KPU harus bekerja dengan efisien, memanfaatkan anggarannya, mengatur skala prioritas," Jokowi memungkasi.

Reporter: Radityo
Sumber: Liputan6.com. [tin]

Baca juga:
Ini Tiga Potensi Krisis Harus Diwaspadai di 2023
Menteri Bahlil: Presiden Jokowi Tidak Menakut-nakuti soal Resesi Global 2023
Jokowi soal Ekonomi Global 2023: Semua Pemimpin G20 Pusing, Rambutnya Tambah Putih
Jokowi: Tahun Depan Jauh Lebih Sulit, Kita Harus Kerja Lebih Keras Lagi
Menko Luhut: Dunia Hadapi Banyak Tantangan, Hubungan China dan Eropa Tidak Bagus
Fahri Hamzah Sindir Kapitalisme Serakah akan Buat Krisis Makin Akut
Jokowi: Harga-Harga Naik Dua Kali Lipat di Negara Lain, di Indonesia Bisa Kendalikan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini