Jokowi Sebut Pembangunan Infrastruktur Tumbuhkan Titik Ekonomi Baru

Sabtu, 26 November 2022 15:44 Reporter : Merdeka
Jokowi Sebut Pembangunan Infrastruktur Tumbuhkan Titik Ekonomi Baru Jokowi hadiri Nusantara Bersatu. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pembangunan infrastruktur tak hanya berpusat di Pulau Jawa atau Jawasentris. Sirkuit Mandalika misalnya, menjadi salah satu contoh pembangunan infrastruktur di luar Pulau Jawa.

Dia menilai, pembangunan sirkuit tersebut telah memacu pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat sekitar. Bahkan menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia.

"Pembangunan infrastruktur akan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi yang baru, akan ada titik pertumbuhan ekonomi yang baru, saya berikan contoh di Mandalika," katanya dalam acara temu relawan 'Nusantara Bersatu' di Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (26/11).

Sebelum ada sirkuit, Jokowi menceritakan, Mandalika mempunyai pantai yang indah. Namun tidak mendapat perhatian lantaran infrastruktur di sana tak disiapkan dengan baik.

"Tapi dengan adanya sirkuit motoGP sekarang mandalika jadi titik pertumbuhan ekonomi baru," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Selain sirkuit Mandalika, dia mencontohkan Labuan Bajo. Labuan Bajo merupakan pembangunan infrastruktur besar lainnya di luar Pulau Jawa yang kini menjadi titik perekonomian baru.

"Coba dilihat bapak ibu kalau ingin lihat cantiknya pantai-pantai kita dan laut kita datang ke Labuan Bajo yang telah kita selesai kerjakan, itu juga titik pertumbuhan ekonomi baru di luar Jawa," ungkapnya.

“Juga di Likupang, meski belum selesai tapi tahun depan kita harapkan bisa selesai, di Likupang di Sulawesi Utara inilah nanti yang akan jadi titik-titik pertumbuhan baru ekonomi Indonesia,” tambah Jokowi.

Jokowi menyebut banyaknya titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di berbagai daerah ini diharapkan dapat mengakomodasi ketersediaan lapangan pekerjaan di Indonesia.

"Karena problem besar kita adalah lapangan kerja, kenapa? Karena penduduk kita gede sekali, 278 juta penduduk kita," tutupnya.

Reporter: Winda Nelfira/Liputan6.com [fik]

Baca juga:
Pemimpin Mikirin Rakyat Rambutnya Berwarna Putih, Kode Jokowi Dukung Ganjar?
Jokowi: Jembatani Negara Berselisih, Kepemimpinan Global Indonesia di Titik Puncak
Di Hadapan Relawan Nusantara Bersatu, Jokowi Banggakan Pembangunan Indonesia
Analisis Pengamat soal Kode Jokowi Pemimpin Rambut Putih: 100 Persen Ganjar
Jokowi Nilai Pemimpin Harus Menyadari Keberagaman Indonesia
Jokowi Banggakan Pembangunan Infrastruktur: Tidak Mungkin Bersaing Kalau Jalan Becek
Pesan Jokowi: Jangan Sampai Pembangunan Terhenti Karena Kepentingan Politik Sesaat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini