Jokowi Sebut Keroncong dan Dangdut Lebih Bagus dari K-pop

Senin, 4 Maret 2019 13:15 Reporter : Merdeka
Jokowi Sebut Keroncong dan Dangdut Lebih Bagus dari K-pop Jokowi coba alat tenun di Festival Sarung Indonesia 2019. ©2019 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai musik-musik asal Indonesia tak kalah bagus dengan musik luar negeri. Bahkan, kata dia, keroncong dan dangdut lebih bagus dibandingkan musik Korea pop (K-pop).

"Kita boleh lihat K-pop, tapi kita punya yang lebih bagus, keroncong, dangdut, di Ambon bagus-bagus. Enggak perlu kita senang dengan budaya asing, ya kalau mau nonton silakan, mau lihat silakan buat pembanding, komparasi," ujar Jokowi.

Hal tersebut disampaikan Jokowi di sela-sela memberikan pengarahan kepada siswa SMA Taruna Nusantara di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Senin (4/3).

Menurut dia, saat ini sudah banyak sekolah yang menanamkan pendidikan karakter, budi pekerti, sopan santun, dan tata krama kepada para siswanya. Untuk itu, Jokowi mengatakan pelajar SMA Taruna Nusantara tak perlu khawatir dengan budaya-budaya asing yang masuk ke Indonesia.

"Pendidikan seperti ini memang ditumbuhkan dari usia dini, agar karakter itu enggak hilang dari Indonesia," ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu yakin masyarakat Indonesia tak akan mudah terpengaruh dengan budaya-budaya asing yang masuk.

Hal ini lantaran Indonesia memiliki ideologi Pancasila yang dapat menjadi penghalang budaya asing bermuatan negatif atau bertentangan dengan budaya Tanah Air.

"Saya yakin kita memiliki kekuatan yang baik. Karena kekuatan ideologi kita sangat memengaruhi sehingga sulit ditembus budaya luar," kata Jokowi.

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com [ian]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini