Jokowi sebut Asian Games jadi kesempatan emas Indonesia memukau dunia

Kamis, 16 Agustus 2018 11:43 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi sebut Asian Games jadi kesempatan emas Indonesia memukau dunia Jokowi di sidang tahunan MPR. ©Reuters/Beawiharta

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan gelaran Asian Games akan dibuka pada 18 Agustus 2018. Ajang olahraga terbesar se-Asia itu diharapkan menjadi kesempatan emas Indonesia untuk kembali memukau dunia.

"Indonesia akan mendapat kesempatan emas untuk kembali memukau dunia dengan keunggulan dan prestasi Indonesia melalui Asian Games 2018, ajang olahraga terbesar di Asia," kata Jokowi dalam pidato kenegaraan di sidang DPR dan DPD, Kamis (16/8).

Jokowi melanjutkan, setelah penantian 56 tahun, tahun ini adalah kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games yang akan dilanjutkan dengan penyelenggaraan Asian Para Games.

"Di dua ajang tersebut, putra putri Indonesia akan berjuang untuk mengibarkan sang Merah Putih, bertanding untuk mengumandangkan lagu Indonesia Raya, berlaga untuk keharuman bangsa Indonesia," katanya.

Indonesia akan menjamu kontingen dari 45 negara, melibatkan lebih 11.000 atlet dan 5.500 official, terbesar sepanjang sejarah Asian Games. Sementara Asian Para Games akan menghadirkan lebih dari 5.000 anggota kontingen.

"Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia bekerja bersama untuk menyukseskan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games agar sukses sebagai tuan rumah dan sukses dalam prestasi," tuturnya.

Sebagai bangsa yang besar, lanjut Jokowi, sebagai salah satu mutiara terindah di Asia dan dunia, Indonesia harus menggunakan Asian Games dan Asian Para Games untuk menunjukkan pada dunia bahwa bangsa Indonesia adalah tuan rumah yang baik.

"Bangsa yang berprestasi, bangsa juara, dan menjunjung tinggi fair play. Kita tunjukkan bahwa Indonesia siap menjadi yang terdepan dalam mengangkat posisi Asia di dunia," ujarnya. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini