Jokowi: Satpam Profesi yang Mulia

Rabu, 12 Desember 2018 12:37 Reporter : Supriatin
Jokowi: Satpam Profesi yang Mulia Jokowi. ©Liputan6.com/Hanz Salim

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo mengaku bangga Satuan Pengamanan atau Satpam sudah ikut menjaga ketertiban di lingkungan kerjanya. Dia menyebut, Satpam adalah profesi yang mulia.

"Sungguh, menurut saya profesi Satpam adalah sebuah profesi yang mulia," katanya saat memberikan sambutan pada pembukaan Konferensi Industri Jasa Pengamanan Nasional Tahun 2018 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/12).

Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah, ini mengatakan, kehadiran Satpam sangat diperlukan. Satpam dinilai bermitra dengan kepolisian dalam melindungi dan mengayomi lingkungan atau tempat kerjanya dari setiap gangguan keamanan.

"Karena memang polisi tidak bisa berada di semua tempat, setiap waktu sekaligus. Polisi sangat butuh kemitraan dan sangat terbantu dengan jasa pengamanan, yaitu Satpam," jelasnya.

Jokowi menjelaskan, keamanan, ketertiban serta rasa aman adalah pilar paling penting dalam kehidupan bermasyarakat. Negara memang mempunyai institusi kepolisian yang bertugas menjamin keamanan dan ketertiban. Tetapi, kata Jokowi, Indonesia terdiri dari 17.000 pulau dan 260 juta jiwa.

Indonesia terbentang luas dari Sabang sampai Merauke, Miangas sampai Rote. Karena itu, kehadiran polisi saja tidak cukup untuk menjaga ketertiban di pelbagai titik di Tanah Air. Keberadaan 1,6 juta Satpam sudah sangat membantu tugas negara.

"Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Satpam, kepada para perusahaan jasa pengamanan yang selama ini telah turut berdiri di barisan depan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," jelasnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini