Jokowi: Sampai Juli 2018 MK telah memutus dan mengadili 112 perkara

Kamis, 16 Agustus 2018 11:07 Reporter : Sania Mashabi
Jokowi: Sampai Juli 2018 MK telah memutus dan mengadili 112 perkara Jokowi di sidang tahunan MPR. ©Setpres RI

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kinerja Mahkamah Konstitusi yang terus bekerja keras dalam menegaskan peran dan kontribusinya penguatan rule of law, konstitusionalisme, dan penerapan prinsip berdemokrasi. Sebagai wujud nyatanya, kata Jokowi, sampai dengan Juli 2018, MK sudah menerima 63 perkara.

"Secara keseluruhan, pada tahun 2018 ini MK telah memutus dan mengadili sebanyak 112 perkara," kata Jokowi saat pidato di sidang tahunan MPR 2018, Kamis (16/8).

Perkara itu termasuk yang menjadi perhatian publik. Seperti pengujian UU MD3 terkait dengan Pemanggilan Paksa oleh DPR, Hak Imunitas Anggota DPR dan pengujian UU LLAJ yang berkaitan dengan keberadaan ojek daring.

"Hingga putusan MK yang memastikan advokat dapat menjadi kuasa hukum di Peradilan Pajak," sambungnya.

"Segala pencapaian dari Lembaga-Lembaga Negara adalah modal kita bersama untuk melangkah menghadapi tantangan-tantangan di masa depan. Sebagai bangsa yang besar, kita akan menghadapi tantangan yang juga besar. Kita bersama harus mampu menyelesaikan janji kemerdekaan, terutama mengatasi masalah kemiskinan, ketimpangan antardaerah, dan kesenjangan pendapatan antarwarga," imbuhnya. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini