Jokowi: Saat gendong 2 anak Papua di Asmat, saya lihat masa depan Indonesia

Kamis, 16 Agustus 2018 11:42 Reporter : Supriatin
Jokowi: Saat gendong 2 anak Papua di Asmat, saya lihat masa depan Indonesia Jokowi di sidang tahunan MPR. ©Setpres RI

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung saat dirinya melakukan kunjungan ke Kabupaten Asmat, Papua. Di sana, ia melihat masa depan Indonesia di mata anak-anak Papua.

Saat itu, Jokowi mengunjungi suku Asmat lantaran gizi buruk yang dialami mayoritas anak-anak di kabupaten tersebut.

"Saya ingat saat datang ke Asmat, Papua, ketika menggendong dua anak Papua, saya melihat masa depan Indonesia di mata mereka," kata Jokowi dalam pidato kenegaraan di Sidang bersama DPR dan DPD RI, di Parlemen, Jakarta, Kamis (16/8).

Di depan anggota dewan yang terhormat, Jokowi mengajak untuk melindungi masa depan guna memastikan anak bangsa dapat lahir dengan sehat.

"Kita harus pastikan bahwa anak-anak Indonesia bebas dari stunting atau tumbuh kerdil dengan memastikan asupan gizi yang cukup dan pola hidup yang sehat," tegasnya.

"Karena itu, Pemerintah telah menetapkan 100 kabupaten sebagai lokasi prioritas penanganan stunting secara terintegrasi antar Kementerian dan Lembaga."

Pun, Jokowi mengajak agar anak bangsa dapat bersekolah tanpa terkendala biaya. Hal itu ia wujudkan melalui Kartu Indonesia Pintar.

"Realisasi penerima manfaatnya di tahun 2017 sudah mencapai lebih dari 20 juta peserta didik usia 6 hingga 21 tahun. Dapat saya sampaikan juga bahwa harapan lama sekolah penduduk muda tahun 2017 telah mencapai hampir 13 tahun."

"Kita juga fokus untuk peningkatan kualitas pendidikan dasar dan menengah yang merata di seluruh Indonesia. Jumlah Guru Garis Depan dari tahun 2016 sampai tahun 2017 sudah bertambah sebanyak 7.094 guru. Peningkatan kompetensi berkelanjutan juga sudah dilakukan dengan lebih dari 1 juta guru."

Sejurus dengan itu, ia mengatakan realisasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS) turut meningkat setiap tahunnya, yang terakhir di tahun 2017 menjangkau 47 juta siswa. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini