Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe di Gowa Sulawesi Selatan

Selasa, 23 November 2021 11:42 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe di Gowa Sulawesi Selatan Presiden Jokowi. ©Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (23/11). Pembuatan bendungan ini menghabiskan anggaran 1,27 triliun.

"Alhamdulillah Bendungan Karalloe yang dibangun menghabiskan anggaran 1,27 triliun hari ini alhamdulillah telah selesai dan siap untuk kita resmikan," katanya di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (23/11).

Kepala Negara menambahkan, bendungan Karalloe tersebut seluas 7000 hektar. Bendungan itu juga bisa memberikan manfaat kepada lahan pertanian di Kabupaten Jeneponto.

"Nantinya akan bisa mengairi 7000 hektar lahan pertanian yang ada di Kabupaten Jeneponto, ini bendungannya ada Kabupaten Gowa, tapi yang mendapatkan manfaat para petani di Kabupaten Jenponto," ungkapnya.

Menurutnya, dengan adanya bendungan Karalloe, petani bisa dua kali panen padi dan palawija. Sehingga bisa meningkatkan pendapatan maupun kesejahteraan bagi para petani.

Jokowi bilang, bendungan ini juga akan mengurangi banjir terutama di Kabupaten Jeneponto sebesar 49 persen. Jeneponto sendiri mengalami banjir besar pada tahun 2019.

"Dan juga kemanfaatan dari pembangkit listrik, air baku yang semuanya nanti di butuhkan bagi masyarakat," kata eks Wali Kota Solo itu.

"Akhirnya dengan mengucap Bismillahirrahmaanirrahim, saya Resmikan Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan," tandasnya.

Baca juga:
Ridwan Kamil Klaim Area Banjir di Bandung Selatan Berkurang
Bandara Mentawai Baru Senilai Rp 547 M Target Selesai Dibangun Agustus 2022
Jalan Tol dan Jalur Kereta Api Menuju Pelabuhan Patimban Ditargetkan Beroperasi 2023
Jalan Tol Baru di Akhir 2021
Proyek Jalan Tol Becakayu Terus Dikebut

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini