Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya Jakarta

Sabtu, 1 Oktober 2022 09:21 Reporter : Alma Fikhasari
Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya Jakarta jokowi pimpin upacara hari kesaktian pancasila. ©2022 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara yang digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10).

Upacara tersebut turut dihadiri Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dan sejumlah menteri kabinet, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti, Ketua DPR Puan Maharani, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dari pantauan merdeka.com, Presiden, Jokowi tampak mengenakan setelan jas hitam lengkap dan peci dengan dasi warna merah.

Komandan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila berasal dari TNI AD dengan pangkat Kolonel Infanteri.

Setelah menerima laporan dari komandan upacara, Jokowi selaku inspektur upacara memimpin sesi mengheningkan cipta untuk mengenang pahlawan revolusi

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa mengheningkan cipta dimulai," kata Jokowi.

2 dari 2 halaman

Dilanjut dengan pembacaan teks pancasila oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Sementara pembacaan teks Undang-undang Dasar 1945 oleh Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti.

Kemudian, pembacaan dan penandatanganan ikrar oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Yang mana dalam membacakan ikrar Puan mengenakan kebaya warna merah dipadukan dengan warna putih dengan dibalut kain batik berwarna coklat.

Upacara ditutup dengan pembacaan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan bahwa upacara dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dengan Presiden Jokowi sebagai irup. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan sejumlah pejabat negara turut hadir dalam acara tersebut.

"Besok upacara di lubang buaya, bapak presiden hadir sebagai irup," kata Heru di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (30/9). [rnd]

Baca juga:
Baca Ikrar, Puan Sebut Indonesia Masih Dirongrong Dalam dan Luar Negeri
Mengenang Pahlawan Revolusi di Monumen Pancasila Sakti
Mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual
Ketua KPK Firli: Siapapun Melakukan Korupsi Adalah Pengkhianat Pancasila
Ulang Tahun Ke-34 di Hari Kesaktian Pancasila, Gibran Doakan Warga Solo Sehat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini