Jokowi Pesan ke Polri: Pelaku Korupsi Dana Bantuan Covid-19 Gigit Saja!

Rabu, 1 Juli 2020 10:38 Reporter : Nur Habibie
Jokowi Pesan ke Polri: Pelaku Korupsi Dana Bantuan Covid-19 Gigit Saja! Upacara Hut Bhayangkara ke-74. ©2020 Merdeka.com/Nur Habibie

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara virtual HUT Bhayangkara ke-74 di Istana Negara, Jakarta Pusat. Upacara tersebut diikuti oleh seluruh Polda se-Indonesia, Polres, Purnawirawan Polri, TNI serta beberapa lembaga negara lainnya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi meminta Polri untuk terus sinergi dengan instansi penegak hukum lainnya seperti KPK dan Kejaksaan.

"Saya perintahkan kepada jajaran Polri, Kejaksaan, KPK, dan lembaga pengawasan internal pemerintah perkuat sinergi, kerja sama. Tolong pelaksanaan program penanganan Covid-19 ini dibantu," kata Jokowi, Senin (1/7).

Jokowi juga meminta kepada Polri dan jajaran penegak hukum lainnya agar tidak ragu menindak bila sudah ada niat buruk korupsi dana bantuan Covid-19.

"Bila ada mens reanya, ya harus ditindak, silakan digigit saja! Apalagi situasi krisis seperti ini tidak boleh ada satupun yang main-main," tegas mantan gubernur DKI ini.

Menurut presiden, sinergitas adalah hal yang urgen. Mengingat ada dana senilai Rp695,2 T sebagai alokasinya yang harus diawasi penggunaannya.

Karenanya, presiden menekankan soal aspek pencegahan yang harus lebih dikedepankan.

"Jangan menunggu sampai terjadi masalah. Kalau ada potensi masalah segera ingatkan," tegas presiden lagi.

1 dari 1 halaman

7 Pesan Jokowi untuk Polri

jokowi untuk polri rev1

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan sejumlah instruksi kepada anggota Polri. Misalnya, terus berpegang teguh, tekankan nilai-nilai luhur tribrata dan catur prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas. Jaga kehormatan, jaga kepercayaan dan jaga kebanggaan sebagai anggota Polri,

"Kedua terus melakukan reformasi diri secara total, bangun sistem dan tata kelola yang partisipatif, transparan dan akuntabel, serta bangun kultur kerja Polri yang profesional modern dan terpercaya," kata Jokowi, Rabu (1/7).

Jokowi juga meminta untuk memantapkan soliditas internal, perkuat sinergitas dengan TNI, seluruh elemen pemerintah dan masyarakat. Hal ini untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

"Keempat terus terapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat. Kelima terus tingkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional, lakukan penanganan hukum secara transparan berkeadilan sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat," ujarnya.

"Keenam terus jaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari Covid-19. Ketujuh harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Polri dengan penuh tanggung jawab," tutupnya. [rnd]

Baca juga:
HUT Bhayangkara ke-74, Jokowi Perintahkan Polri Perkuat Sinergi dengan KPK & Kejagung
HUT Bhayangkara ke-74, Jokowi Minta Polri Ajak Masyarakat Disiplin Protokol Kesehatan
Wapres Ma'ruf Amin Harap Polri Bimbing Masyarakat Hadapi New Normal
Ziarah Makam Memperingati HUT Bhayangkara
Sambut HUT Bhayangkara ke-74, Polisi di Pekanbaru Bersih-Bersih Kampung

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini