Jokowi Perintahkan TNI Bantu Distribusi Obat untuk Pasien Covid-19

Senin, 26 Juli 2021 15:19 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Perintahkan TNI Bantu Distribusi Obat untuk Pasien Covid-19 Presiden Jokowi Sidak Apotek di Bogor. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, pihaknya akan meningkatkan 9.000 apotek yang dapat diberikan suplai secara konsisten. Hal tersebut akan menstabilkan pasokan obat di seluruh Indonesia.

"Diharapkan kita akan tingkatkan 9.000 saja Apotek yang bisa kita kasih obat-obatan ini secara konsisten supply-nya itu akan menstabilkan supply obat di seluruh Indonesia," katanya, Senin (26/7).

Kemudian Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga membuka jalur baru melalui TNI. Nantinya, TNI bisa mengirimkan langsung obat kepada para pasien yang terpapar Covid-19, tentunya dengan rujukan dokter atau puskesmas setempat.

"Jadi kalau ada yang terkena positif bisa melapor ke Puskesmas, terutama teman-teman rakyat kita yang ada di pelosok-pelosok desa, Bapak presiden sudah membuka jalur. TNI nanti yang akan mengirimkan langsung obatnya ke mereka. Memang kuncinya harus di cek melalui Puskesmas," ungkap Budi.

Jokowi juga telah mengerahkan dua juta paket obat untuk dikirimkan melalui TNI. Kemudian jalur ketiga yang bisa dimanfaatkan yaitu jalur toko obat melalui telemedicine.

"Jadi ada 11 perusahaan telemedicine yang sudah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan memberikan jasa konsultasi dokter gratis dan jasa pengiriman obat gratis. Memang telemedicine ini baru kita luncurkan di seluruh ibukota provinsi di Jawa dan Bali rencananya nanti akan kita perluas ke seluruh Indonesia," tutup Budi. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini