Jokowi Perintahkan Risma Relokasi Warga Terdampak Longsor di Sumedang

Jumat, 15 Januari 2021 14:42 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Jokowi Perintahkan Risma Relokasi Warga Terdampak Longsor di Sumedang Jokowi Hadiri HUT PDIP ke-48. ©2021 Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan duka cita mendalam atas korban meninggal dunia akibat tanah longsor di Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Longsor tersebut terjadi pada Sabtu (9/1) lalu.

"Dalam kesempatan siang hari ini saya ingin menyampaikan turut berduka cita yang mendalam atas korban yang meninggal dunia akibat tanah longsor di Kabupaten Sumedang Jawa Barat," katanya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/1).

Kepala Negara telah memerintahkan Kepala BNPT dan pihak terkait untuk membantu penanganan bencana tersebut. Para masyarakat di daerah itu juga di relokasi.

"Untuk penanganan longsor di Kabupaten Sumedang saya juga perintahkan Kepala BNPB, Menteri Sosial, Menteri PU, untuk segera melakukan realokasi warga terdampak bencana tersebut," jelasnya.

Mantan Wali Kota Solo ini mengimbau kepada masyarakat tetap waspada terhadap cuaca ekstrem. Serta selalu mengikuti informasi dari Badan Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Saya mengimbau kita semuanya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem baik hujan lebat dan yang lainnya dan selalu memperhatikan peringatan dini mengenai cuaca di BMKG," ucapnya.

Diberitakan, bencana longsor besar terjadi di kawasan permukiman Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Sabtu (9/1). Bencana tersebut terjadi sebanyak dua kali di hari yang sama.

Longsor pertama terjadi pada pukul 16.00 WIB yang kemudian disusul longsor susulan pada pukul 19.30 WIB. Bencana tersebut diduga terjadi akibat tingginya curah hujan di Kabupaten Sumedang serta kondisi tanah yang tidak stabil. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini