Jokowi Perintahkan Menkum HAM Cari Masukan buat Bahan Penyempurnaan RUU KUHP

Jumat, 20 September 2019 14:54 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Perintahkan Menkum HAM Cari Masukan buat Bahan Penyempurnaan RUU KUHP Jokowi bertemu ulama se-Jateng. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menkum HAM Yasonna Laoly untuk mencari masukan sejumlah pihak terkait penyempurnaan RUU KUHP. Jokowi sendiri baru saja meminta DPR menunda pengesahan RUU KUHP yang dijadwalkan pada tanggal 24 September mendatang.

"Saya juga memerintahkan Menkum HAM untuk kembali menjaring masukan-masukan dari berbagai kalangan masyarakat sebagai bahan untuk menyempurnakan RUU KUHP yang ada," ujar Jokowi kepada wartawan di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Jumat (20/9).

Sebelumnya, Jokowi meminta DPR menunda pengesahan RUU KUHP. "Setelah mencermati masukan dari berbagai kalangan yang keberatan dengan substansi RUU KUHP, saya berkesimpulan materi-materi yang coba pendalaman. Untuk itu saya telah memerintahkan Menkumham selaku pemerintah untuk menyampaikan sikap ini pada DPR RI," tuturnya.

"Yaitu agar pengesahan RUU KUHP ditunda," tegasnya.

Jokowi meminta pengesahan RUU KUHP dilakukan oleh anggota dewan periode 2019-2024. Ia mengharapkan anggota DPR yang akan segera habis masa jabatannya akan habis juga berlaku sama. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini