Jokowi Perintahkan Menhub Budi Karya Percepat Pencarian Korban & Black Box Sriwijaya

Selasa, 12 Januari 2021 14:48 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Perintahkan Menhub Budi Karya Percepat Pencarian Korban & Black Box Sriwijaya Menhub Budi Karya Sumadi. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk mengoordinasikan dengan cepat dalam proses pencarian tubuh korban dan pencarian black box dari peristiwa pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Hal tersebut diperintahkan Jokowi saat bertemu Budi Karya di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (12/1).

"Presiden memerintahkan kepada saya untuk mengoordinasikan dengan cepat proses pencarian dari tubuh korban dan juga mempercepat proses dari pencarian dari black box," kata Budi Karya di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (12/1).

Jokowi juga meminta Budi pun akan segera melaksanakan perintah Jokowi. Dengan hadir di Pelabuhan JICT, Jakarta Utara, untuk memastikan perintah dijalankan dengan benar.

"InsyaAllah apa yang menjadi perintah pak presiden akan dilakukan, dan sore nanti saya diminta ke Tanjung Priok untuk memastikan apa yang diperintahkan dilaksanakan dengan baik," ungkapnya.

Tidak hanya itu, Jokowi juga meminta agar Budi bisa mengoordinasikan terkait jalannya proses pelayanan korban dengan baik. Serta memberikan pendampingan kepada keluarga korban sehingga mendapatkan hak-hak.

"Pak Presiden meminta pada saya untuk mengoordinasikan proses layanan kepada ada keluarga korban dengan sebaik-baiknya dan juga memberikan pendampingan diperolehnya hak-hak daripada keluarga korban sehingga segala sesuatu yang merupakan hak diselesaikan dengan baik dan cepat," ungkapnya.

Dia pun menuturkan kepada Jokowi upaya tersebut sudah dilakukan bersama Sriwijaya dan Jasa Raharja. Yaitu memanggil keluarga korban untuk bertemu dan mengunjungi RS Kramat Jati.

"Terakhir Pak Presiden menugaskan pada kami untuk melakukan suatu improvement dan proses penemuan ini menjadi suatu pelajaran yang mahal, tetapi baik dan diinstruksikan jangan sampai terulang lagi," kata Budi.

Budi pun memastikan pihaknya, TNI-Polri, KNKT, hingga Basarnas akan melakukan tugas dari Jokowi. Serta akan laksanakan tugas tersebut.

"Kami bersama-sama TNI, Polri, Pak Panglima dan juga Kapolda, Pangdam, KSAL, Basarnas dan juga KNKT, Rumah Sakit Polri insya Allah melakukan perintah presiden ini dengan baik dan kami akan laksanakan," tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini