Jokowi Pemimpin Pertama Asia Kunjungi Ukraina, Zelenskyy Sampaikan Terima Kasih

Rabu, 29 Juni 2022 23:32 Reporter : Merdeka
Jokowi Pemimpin Pertama Asia Kunjungi Ukraina, Zelenskyy Sampaikan Terima Kasih Pertemuan Jokowi dengan Presiden Ukraina di Istana Maryinsky. ©2022 Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyampaikan apresiasinya atas kunjungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke negaranya pada Rabu (29/6). Menurut dia, Jokowi adalah pemimpin negara Asia pertama yang berkunjung ke negaranya sejak diinvasi Rusia.

"Terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi yang merupakan kunjungan pertama pemimpin Asia sejak invasi melanda Ukraina," kata Zelenskyy saat menyampaikan pernyataan pers bersama usai pertemuan di Istana Maryinsky Kyiv Ukraina, dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden.

"Saya juga mengundang kalangan usaha Indonesia untuk berpartisipasi dalam rekonstruksi Ukraina pascaperang," sambungnya.

2 dari 3 halaman

Jokowi Tawarkan Diri Bawa Pesan untuk Putin

Sementara itu, Jokowi mengatakan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina. Dia menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.

Meskipun masih sangat sulit dicapai, Jokowi juga tetap menekankan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur. Jokowi pun siap menjadi pembawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," ucapnya.

Selanjutnya, Jokowi juga menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. Dengan kemampuan yang ada, rakyat dan pemerintah Indonesia berusaha memberikan kontribusi bantuan termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kyiv.

Di samping itu, Jokowi menyampaikan pentingnya Ukraina bagi rantai pasokan pangan dunia. Dia menyebut semua usaha harus dilakukan agar Ukraina bisa kembali melakukan ekspor bahan pangan.

"Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini," tegas Jokowi.

3 dari 3 halaman

Misi Perdamaian

Diketahui, Jokowi membawa misi khusus dalam kunjungannya Ukraina dan Rusia, yakni mengupayakan perdamaian kedua negara yang berkonflik. Jokowi menyatakan dirinya akan mengajak Presiden Ukraina Zelenskyy untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian. Dia menilai perang harus segera dihentikan.

"Akan bertemu dengan Presiden Zelensky misinya adalah mengajak Presiden Ukraina untuk membuka ruang dialog, dalam rangka perdamaian untuk membangun perdamaian. Karena perang memang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," ujar Jokowi, Minggu 26 Juni 2022.

Setelah dari Ukraina, Jokowi akan melanjutkan misi perdamaian dengan melakukan kunjungan ke Rusia. Dia akan menemui Presiden Vladimir Putin dengan misi yang sama dengan yang dibawanya ke Kyiv.

"Dari Ukraina saya akan menuju ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin, sekali lagi dengan misi yang sama. Saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," jelas dia.

Reporter: Lizsa Egeham/Liputan6.com. [yan]

Baca juga:
Bertemu Zelenskyy, Jokowi Tawarkan Diri Jadi Pembawa Pesan untuk Putin
Momen Pertemuan Jokowi dengan Presiden Ukraina di Istana Maryinsky
Ini yang Dipersiapkan Menlu Retno Jelang Jokowi Bertemu Presiden Zelenskiy
Jokowi Bertemu Presiden Ukraina Zelenskyy, Disambut di Istana Maryinsky
Indonesia akan Bantu Renovasi Rumah Sakit Ukraina yang Rusak Akibat Perang
Menlu Rusia Bakal Hadiri Pertemuan G20 di Bali

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini