Jokowi: Pemerintah Tidak Bisa Sendirian Atasi Pandemi

Minggu, 11 Juli 2021 15:16 Reporter : Ahda Bayhaqi
Jokowi: Pemerintah Tidak Bisa Sendirian Atasi Pandemi Jokowi Tinjau Kesiapan Rusun Pasar Rumut sebagai Tempat Isolasi. ©Istimewa

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih kepada elemen bangsa yang membangun gerakan relawan sosial dan ekonomi yang membantu masyarakat saat pandemi Covid-19. Menurut Jokowi, tidak bisa pemerintah bekerja sendirian menghadapi Covid-19. Semua pihak harus berkolaborasi, bekerja sama dan tolong menolong untuk mengatasi pandemi.

"Penyebaran virus masih terus terjadi, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, tidak bisa menyelesaikan masalah ini sendirian, semua pihak harus berkolaborasi, bekerjasama saling tolong-menolong, bergotong-royong untuk mengatasi ujian yang maha berat ini," ujar Jokowi saat acara doa bersama yang digelar secara daring, Minggu (11/7).

"Kami ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen bangsa yang setia membangun optimisme dan semangat kebersamaan dalam berbagai gerakan kerelawanan sosial dan ekonomi demi meringankan beban masyarakat," lanjutnya.

Jokowi juga mengapresiasi organisasi masyarakat (ormas) keagamaan yang satu napas dengan pemerintah dalam menjaga kepatuhan umat untuk melaksanakan protokol kesehatan.

"Saya sangat bersyukur pandangan ormas-ormas keagamaan senapas dengan kepentingan untuk menjaga kepatuhan umat dalam melaksanakan protokol kesehatan. Kerja keras pemerintah mengatasi persoalan wabah Covid-19 ini tidak mungkin berhasil tanpa dukungan dan kesadaran serta partisipasi masyarakat," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengatakan untuk menghadapi situasi sulit tidak hanya usaha lahiriyah yang diperlukan. Perlu juga ikhtiar batiniah yaitu dengan memanjatkan doa berharap pertolongan kepada Tuhan.

"Dalam menghadapi situasi sulit ini, selain ikhtiar dengan berbagai usaha lahiriyah, kita juga wajib melakukan ikhtiar batiniah, memanjatkan doa memohon pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta'ala agar beban kita diringankan, agar rakyat bangsa dan negara juga dunia segera terbebas dari pandemi," ujarnya.

Jokowi Minta Beraktivitas di Rumah Saja

Dalam kesempatan sama, Jokowi meminta semua pihak untuk meyakinkan keluarga dan lingkungan sekitar untuk mengurangi aktivitas di luar selama pandemi Covid-19. Apalagi seperti diketahui semua pihak, kasus Covid-19 di Indonesia tengah melonjak tajam.

"Saat ini kita bangsa Indonesia dan masyarakat di seluruh dunia masih terus berjuang untuk bebas dari pandemi Covid-19. Penyebaran virus masih terus terjadi," kata Jokowi.

"Yakinlah, yakinkan keluarga dan lingkungan terdekat agar beraktivitas di rumah saja," sambung dia.

Reporter: Lizsa Egeham
Sumber: Liputan6.com [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini