Jokowi: Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan Pekerjaan Luar Biasa

Selasa, 17 September 2019 15:03 Reporter : Abdullah Sani
Jokowi: Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan Pekerjaan Luar Biasa Jokowi Tinjau Lokasi Kebakaran Hutan. ©2019 Biro Pers Setpres

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi lokasi kebakaran hutan dan lahan di Desa Merbau, Bunut, Pelalawan, Riau, Selasa (17/9). Dia menyebutkan, pemadaman api yang dilakukan tim gabungan merupakan pe‎kerjaan luar biasa.

"Kejadian (kebakaran hutan dan lahan) seperti yang kita lihat sekarang, sudah jadi kerjaan luar biasa," ujar Jokowi kepada sejumlah wartawan di lokasi.

Jokowi menegaskan, sebelum terjadi semestinya tim melakukan upaya pencegahan agar tidak menghadapi kebakaran lahan.

Dia menilai, langkah itu lebih efektif dan tidak membutuhkan biaya banyak. Karena jika kebakaran hutan sudah terjadi, maka akan sangat sulit untuk ditanggulangi.

Pemadaman akan memakan waktu dan tenaga karena mengerahkan banyak sumber daya seperti TNI, Polri dan personel gabungan lainnya untuk memadamkan api.

"Saya tanya tadi TNI Polri di sini, sudah lebih dari satu bulan (kebakaran lahan). Kalau sudah kejadian, sulit untuk memadamkannya," kata Jokowi.

Jokowi mengunjungi lokasi bersama Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, Menteri LHK Siti Nurbaya.

Ada juga Pangdam Bukit Barisan Mayjen TNI Fadhilah, Wagubri Edi Natar Nasution,‎ Komandan Korem Wirabima Brigjen TNI Fadjar dan Ketua PWNU Riau, Tengku Rusli Ahmad, Bupati Pelalawan HM Harris serta Kapolres AKBP Kaswandi Irwan. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini