Jokowi Pastikan Vaksinasi Booster Gratis, Prioritas Lansia dan Kelompok Rentan

Selasa, 11 Januari 2022 13:58 Reporter : Merdeka
Jokowi Pastikan Vaksinasi Booster Gratis, Prioritas Lansia dan Kelompok Rentan Presiden Jokowi Kunjungi Jateng Januari 2022. ©Instagram/@jokowi

Merdeka.com - Vaksinasi booster akan dilakukan mulai Rabu 12 Januari 2022. Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan pemberian vaksinasi booster atau dosis ketiga Covid-19 gratis untuk semua masyarakat Indonesia.

Dia mengatakan vaksinasi booster akan diprioritaskan untuk masyarakat lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan terpapar Covid-19.

"Pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan," kata Jokowi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (11/1).

Jokowi menekankan pentingnya vaksinasi booster mengingat virus corona yang terus bermutasi sehingga memunculkan varian-varian baru.

"Upaya ini penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus Covid-19 yang terus bermutasi," ujarnya.

"Sekali lagi saya tegaskan keselamatan rakyat adalah yang utama," sambung Jokowi.

Dia mengungkapkan calon penerima vaksin dosis ketiga harus sudah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua. Setidaknya, mereka sudah menerima vaksin dosis kedua lebih dari enam bulan.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) menyetujui penggunaan lima vaksin untuk program vaksinasi booster atau dosis lanjutan. Kelima vaksin tersebut antara lain, CoronaVac, Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zivivax

Selain itu, Vaksinasi booster akan diberikan kepada kabupaten/kota yang capaian vaksinasinya telah memenuhi kriteria 70 persen dosis pertama dan 60 persen dosis kedua. Hingga kini, ada 244 kabupaten kota yang sudah memenuhi kriteria tersebut.

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com [eko]

Baca juga:
Jokowi
Jokowi
Wapres Ma'ruf akan Terima Vaksin Booster Besok
KSP: 120 Negara Gunakan Vaksin Booster, Masyarakat Tidak Perlu Khawatir
Dinkes Kota Tangerang Siapkan Data Penerima Vaksin Booster, Lansia Diutamakan
Pemerintah Ungkap 13,6 Juta Warga di Jawa-Bali Belum Disuntik Vaksin Covid-19
Ditargetkan Rampung 17 Januari, Vaksinasi Booster Polres Bekasi Sasar 1.592 Personel

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini