Jokowi: Orientasi Santri Bukan Lagi Cari Kerja, Tapi Buka Lapangan Pekerjaan

Jumat, 22 Oktober 2021 11:10 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi: Orientasi Santri Bukan Lagi Cari Kerja, Tapi Buka Lapangan Pekerjaan Jokowi Hadiri KTT CAS 2021. ©Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada masyarakat ekonomi syariah untuk mendorong kalangan santri untuk jadi entrepreneur wirausahawan. Hal tersebut dikatakan Jokowi saat memberikan arahan dalam acara Peringatan Hari Santri Nasional dan Peluncuran Logo Baru Masyarakat Ekonomi Syariah di Istana Negara, Jumat (22/10).

"Orientasi santri seharusnya bukan lagi mencari pekerjaan tetapi sudah menciptakan kesempatan kerja bagi banyak orang, menebar manfaat seluas-luasnya bagi umat," katanya dalam saluran Youtube Sekretariat Presiden.

Dia mengatakan peran pendidikan di pesantren, madrasah dan pendidikan tinggi agama islama sangat stretegis untuk mencetak lulusan yang inovativ. Tidak hanya itu Jokowi juga berharap para santri dapat bersaing di pasar kerja dan menjadi wirausahawan sosial yang sukses.

Sebab itu, pemerintah sudah menyiapkan beberapa skema, baik itu program MEKAR, KUR dan bank wakaf mikro. Hal itu untuk mendukung semangat dari para entrepreneurship yang mulai tumbuh dan percepatan inklusif keuangan, dukungan akses pembiyaan.

"Saya berharap pesantren dan para santri dapat memanfaatkan ini dengan baik, sehingga pesantren dan para santri dapat semakin memperkuat ekonomi umat," harapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga menekankan pentingnya transformasi digital. Seluruh pihak harus terus mendorong usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah untuk menuju go digital.

"Masuk ke toko online, masuk ke market place, masuk ke e-commerce dan bisa masuk ke suplai chain nasional maupun global, dan menjadi pemain utama dalam pertumbuhan industri halal tingkat global," pungkasnya. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini