Jokowi Minta Tol Malang-Pandaan Digratiskan Sampai Lebaran

Senin, 13 Mei 2019 13:27 Reporter : Darmadi Sasongko
Jokowi Minta Tol Malang-Pandaan Digratiskan Sampai Lebaran Presiden Jokowi resmikan Tol Malang-Pandaan. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekan tombol sirine tanda diresmikannya jalan Tol Malang-Pandaan (Mapan) di Pintu Singosari, Kabupaten Malang. Tol seksi 1-3 sepanjang 30,6 Km resmi digunakan sekaligus untuk mengantisipasi mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H.

Jokowi dalam sambutannya meminta agar jalur Tol Malang-Pandaan digratiskan hingga Lebaran. Pesan itu disampaikan kepada Menteri BUMN, Rini Suwandi, yang membawahi PT Jasamarga selaku pengelola tol.

"Tadi saya bisik-bisik pada pemiliknya jalan tol, Bu Menteri BUMN. Jangan sampai bayar dulu sampai Lebaran. Gratisin dulu sampai Lebaran, sampai Lebaran saja, tidak usah lama-lama, untuk percobaan dulu, sampai Lebaran gratis," kata Jokowi di pintu Tol Singosari, Kabupaten Malang, Senin (13/5).

"Tadi dijawab, bisa pak. Masa yang minta Presiden yang minta enggak diberi," seloroh Jokowi disambut tepuk tagan pengunjung.

Kata Jokowi, keberadaan Tol Malang-Pandaan ditunggu masyarakat, karena lalu lintas di jalan arteri selama ini sudah sangat padat. Perjalanan Surabaya-Malang biasanya ditempuh 3 sampai 3,5 jam.

"Sekarang setelah tol jadi, diperkirakan hanya 1 jam. Memang masih kurang sedikit, kurang 7,8 kilometer. Tadi saya sudah kejar agar ini bisa diselesaikan maksimal akhir tahun. Syukur kalau bisa maju," ungkapnya.

Jokowi berharap, dengan diresmikannya Tol Mapan dapat mendukung dan mempercepat mobilitas baik barang, jasa dan orang. Sehingga diharapkan Malang Raya menjadi sebuah kawasan wisata yang terkoneksi dengan tol.

"Harapannya perkembangan ekonomi semakin baik dan semakin maju," tegasnya.

Selama peresmian turut mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Suwandi, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Tampak juga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Direktur Utama PT Jasamarga Dessi Arryani, serta para Kepala Daerah Kabupaten Pasuruan, Kota Malang dan Kabupaten Malang. [cob]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini