Jokowi Minta TNI Terus Bersinergi dengan Polri untuk Perkuat Pertahanan Negara

Senin, 5 Oktober 2020 11:43 Reporter : Merdeka
Jokowi Minta TNI Terus Bersinergi dengan Polri untuk Perkuat Pertahanan Negara Jokowi pimpin upacara HUT TNI. ©2020 Merdeka.com/intan umbari

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyinggung soal karakter pejuang yang dimiliki setiap prajurit TNI. Jokowi juga meminta TNI untuk selalu bersinergi dengan semua elemen, termasuk Polri.

"Kita bersyukur telah tertanam kuat karakter pejuang dalam diri prajurit TNI. Karakter pejuang ini harus terus melekat dan terlembaga dalam pengabdian prajurit TNI di mana pun berada," ujar Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara HUT ke-75 TNI di Istana Negara Jakarta, Senin (5/10).

Dia meyakini dengan karakter pejuang tersebut, para prajurit akan selalu siap menjawab panggilan tugas. Untuk itu, dibutuhkan prajurit TNI yang profesional dan benar-benar terlatih, terdidik serta yang terus menerus meningkatkan kemampuannya.

Namun, kata Jokowi, karakter pejuang yang melekat di prajurit TNI mengharuskan para prajurit untuk saling bersinergi dan bekerja sama. Baik itu antar korps, matra, antar instansi, serta dengan Polri.

"Sinergi adalah untuk membangun kekuatan pertahanan yang semakin kokoh dan efektif," ucap Jokowi.

Di sisi lain, Jokowi juga berterima kasih kepada prajurit TNI yang setia mengawal Pancasila, NKRI, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika. Dia mengapresiasi para prajurit TNI yang bertugas di daerah pedalaman, perbatasan, wilayah terpencil, di pulau-pulau terdepan untuk menjaga kedaulatan Indonesia serta yang berada di luar negeri sebagai pasukan pemelihara perdamaian.

"Saya juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada prajurit TNI yang selalu berada di Garda terdepan dalam misi kemanusiaan," tuturnya.

Menurut dia, prajurit TNI tidak hanya bertugas dalam operasi militer perang saja, namun juga operasi militer selain perang. Misalnya, saat membantu penanganan bencana alam di Indonesia.

"Terima kasih kepada TNI yang terlibat aktif dalam penanganan korban bencana alam dan kebakaran hutan," kata dia.

"Dan terima kasih atas peran aktif TNI dalam penanganan dampak pandemi Covid-19 baik dalam mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan maupun dalam perawatan di rumah sakit TNI," sambung Jokowi.

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Lizsa Egeham [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini