Jokowi Minta Rektor Perhatikan Hal Kecil untuk Mahasiswa, Termasuk Urusan Makan

Selasa, 14 September 2021 18:02 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Minta Rektor Perhatikan Hal Kecil untuk Mahasiswa, Termasuk Urusan Makan Jokowi pakai baju adat badui. ©2021 Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para rektor memperhatikan hal-hal kecil di dalam dan di luar kampus. Salah satunya terkait makanan yang dikonsumsi para mahasiswa.

"Tanggung jawab rektor ya di dalam kampus dan juga di luar kampus. Urusan hal-hal yang kecil saja memang harus kita perhatikan. Urusan makan mahasiswa itu harus dicek betul," katanya saat memberikan arahan dalam pertemuan majelis rektor perguruan tinggi Indonesia dalam siaran Youtube Sekretariat Presiden, Selasa(14/9).

Sebab saat masa-masa dirinya menjadi mahasiswa di Universitas Gadjah Mada (UGM), banyak teman-temannya yang terjangkit hepatitis hingga tipes. Hal tersebut karena minimnya fasilitasi mencuci piring di warung makan.

"Mohon maaf saya ingat di UGM di Jogja, dulu sering sekali mahasiswa terkena penyakit bareng-bareng apa pak rektor? Hepatitis, banyak. Kemudian apa ini tipes, karena apa? Warung-warung makan mahasiswa yang saya juga dulu mengalami kalau mencuci piringnya di ember, airnya satu ember dipakai pagi sampai tengah malam. Berikan mereka air mengalir. Mahasiswa kita jadi membawa penyakit semuanya," tuturnya.

Sebab itu, dia meminta kepada para rektor untuk memberikan fasilitasi yang baik untuk mahasiswa. Sehingga bisa tumbuh dengan dengan memiliki prestasi yang baik pula.

"Hal-hal yang kecil-kecil ya tetapi percuma kalau orang sepintar apapun kalau tidak sehat untuk apa? Yang tadi saya sampaikan unggul dan utuh. Sekali lagi tanggung jawab rektor ya di dalam kampus, ya di luar kampus," pungkasnya. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini