Jokowi Minta PPATK Kawal dan Telusuri Rekam Jejak Calon Pejabat

Kamis, 14 Januari 2021 11:46 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Minta PPATK Kawal dan Telusuri Rekam Jejak Calon Pejabat Jokowi tanggapi soal Sriwiijaya Air. ©2021 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menugaskan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengawal dan menelusuri rekam jejak calon pejabat. Serta memastikan rekam jejak transaksi keuangan yang bersih.

Ini disampaikan Jokowi saat memberikan arahan arahan dalam agenda Koordinasi Tahunan dan Arahan Presiden Republik Indonesia Mengenai Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme (TPPT) Tahun 2021 dalam siaran telekonference, Kamis (14/1).

"PPATK juga perlu membantu mengawal pengisian jabatan-jabatan strategis dengan aktif melakukan penelusuran rekam jejak calon pejabat publik, serta memastikan rekam jejak transaksi keuangan yang bersih," kata Jokowi.

Dia mengharapkan PPATK berperan aktif mendukung pengembangan ekosistem keuangan yang kondusif guna pembangunan nasional. Tidak hanya menjadi world class financial intelligent unit, tetapi berkontribusi lebih besar untuk membantu program-program pemerintah.

"Serta memberantas tindak pidana korupsi yang semakin beragam dan semakin canggih," ungkapnya.

Sementara itu, mantan Wali Kota Solo itu juga berharap di tengah pandemi Covid-19 ini seluruh pihak bisa bekerja sama. Kuncinya, kata Jokowi, melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

"Dalam menghadapi situasi global yang dalam pandemi Covid-19 selalu berkoordinasi dan sinergi berbagai pihak adalah kunci yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan baik sektor publik atau swasta. Dilanjutkan dengan membangun langkah-langkah yang konstruktif," tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini