Jokowi Minta Perguruan Tinggi Tua Lakukan Peremajaan Agar Tetap Tangguh & Kompetitif

Selasa, 27 Juli 2021 12:21 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Minta Perguruan Tinggi Tua Lakukan Peremajaan Agar Tetap Tangguh & Kompetitif ilustrasi perpustakaan. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/AN NGUYEN

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perguruan tinggi yang usianya sudah tua untuk melakukan peremajaan diri, kurikulum, dan metode pembelajaran. Hal ini penting agar memiliki semangat baru dan mampu bersaing dengan kampus lainnya.

"Perguruan tinggi yang usianya sudah tua tolong segera lakukan peremajaan diri, peremajaan kurikulum dan sistem pembelajaran, peremajaan manajemen dan perilaku agar tetap tangguh dan kompetitif di dunia yang baru," ungkap Jokowi saat memberikan arahan acara Forum Rektor Indonesia 2011 dalam siaran vitrual, Selasa (27/7).

Sementara itu, bagi perguruan tinggi yang masih muda saat ini adalah kesempatan emas. Perguruan tinggi muda tidak terbebani dengan tradisi kerja masa lalu.

"Perguruan tinggi baru berkesempatan untuk melompat ke cara kerja baru, ke kurikulum baru, ke manajemen model baru," ungkapnya.

Jokowi menambahkan, disrupsi di perguruan tinggi sekarang ini memberikan kesempatan kepada pendatang baru agar tidak terbebani dengan cara-cara lama. Dia juga mengatakan pemerintah bekerja keras untuk mengembangkan ekosistem kebijakan yang kondusif bagi pengembangan cara-cara baru yang lebih produktif dan efisien.

"Saya harap perguruan tinggi harus lebih progresif dalam membangun cara kerja baru untuk menyiapkan masa depan para mahasiswa kita dan untuk menyiapkan Indonesia mendahului negara-negara lain," pungkasnya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini