Jokowi Minta Menteri PUPR Segera Pulihkan Masamba Luwu Utara

Jumat, 17 Juli 2020 12:37 Reporter : Merdeka
Jokowi Minta Menteri PUPR Segera Pulihkan Masamba Luwu Utara Banjir Bandang Rendam Ribuan Rumah di Sulawesi Selatan. ©2020 AFP/Aryanto

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menugaskan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk segera menangani kerusakan akibat banjir bandang di Masamba Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Dia meminta agar kondisi di Masamba segera dipulihkan.

"Dari Jakarta, saya telah memerintahkan Menteri PUPR untuk segera turun ke Luwu Utara bekerja sama dengan Pemerintah Sulawesi Selatan, TNI, Polri, Basarnas dan BPBD setempat, melakukan upaya penanganan darurat, dan segera memulihkan kondisi Masamba," tulis Jokowi melalui akun instagramnya @jokowi, Jumat (17/7).

Dia mengatakan, curah hujan yang tinggi pada Senin, 13 Juli lalu menyebabkan banjir bandang dari hulu sungai ke Kecamatan Masamba. Banjir bandang tersebut membuat sebagian kawasan kota di kecamatan itu tertutup lumpur pasir.

"(Banjir bandang) menimbulkan kerusakan rumah-rumah dan bangunan publik," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyampaikan duka cita yang kepada warga yang meninggal dunia akibat banjir bandang tersebut. Total ada 32 korban jiwa banjir bandang di Masamba, hingga Kamis sore.

"Saya menyampaikan dukacita yang dalam atas jatuhnya korban jiwa dalam bencana ini, dan kepada keluarga-keluarga yang ditinggalkan, kiranya diberiNya kesabaran dan kekuatan," ucap Jokowi.

1 dari 1 halaman

Sementara itu, jumlah korban selamat dari banjir bandang sebanyak 1.542 orang dan masih dalam pencarian 16 orang. Dari 32 korban yang meninggal, enam orang diantaranya belum teridentifikasi oleh pihak keluarga.

Berdasarkan laporan BPBD setempat, setelah banjir sebanyak 156 Kepala Keluarga (KK) atau 655 jiwa mengungsi dan 4.202 KK atau 15.994 jiwa terdampak.

Sedangkan kerugian material tercatat 4.930 unit rumah terendam, 10 unit rumah hanyut, 213 unit rumah tertimbun pasir bercampur lumpur, satu Kantor Koramil 1403-11 terendam air dan lumpur ketinggian satu meter. Kemudian, jembatan antar desa terputus dan jalan lintas provinsi tertimbun lumpur setinggi satu hingga empat meter.

Reporter: Lisza Egeham
Sumber: Liputan6.com [fik]

Baca juga:
Akibat Banjir Bandang, Tiga SD dan Satu SMP di Luwu Utara Tertimbun Lumpur
Megawati Perintahkan Kader PDIP Bantu Korban Banjir di Luwu Utara
Menteri Basuki sebut Banjir di Luwu Utara Karena Hulu Sudah Rusak
Korban Banjir Bandang di Masamba Dapat Bantuan Rp 2 Miliar dari Kemensos
Banjir Luwu Utara, Korban Meninggal 24 Orang dan 69 Hilang
Ratusan Kendaraan Terjebak Banjir di Sorong

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini