Jokowi Minta Menteri Lakukan Percepatan Belanja Anggaran

Rabu, 8 Juli 2020 20:23 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Minta Menteri Lakukan Percepatan Belanja Anggaran Jokowi pimpin ratas antisipasi karhutla secara tatap muka. ©ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para menteri untuk mempercepat belanja pemerintah untuk menggerakkan perekonomian. Dia mengatakan, kuartal ketiga akan jadi kunci bagi upaya pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

"Saya sekarang ini melihat belanja kementerian itu harian. Naiknya berapa persen. Harian, saya lihat betul sekarang. Karena memang kuncinya di kuartal ketiga ini. Begitu kuartal ketiga bisa mengungkit ke plus (pertumbuhan ekonomi), ya sudah kuartal keempat lebih mudah, tahun depan insyaallah juga akan lebih mudah," katanya dalam rapat terbatas pada Selasa (7/7).

Dia menjelaskan, belanja pemerintah menjadi penggerak utama bagi perekonomian di tengah pandemi saat ini. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut pun meminta agar regulasi yang berkaitan dengan belanja pemerintah tersebut dapat lebih disederhanakan sesuai dengan kebutuhan di masa yang membutuhkan upaya luar biasa ini.

"Saya minta semuanya dipercepat, terutama yang anggarannya besar-besar. Ini Kemendikbud ada Rp70,7 triliun, Kemensos Rp104,4 triliun, Kemenhan Rp117,9 triliun, Polri Rp92,6 triliun, Kementerian Perhubungan Rp32,7 triliun," ungkapnya.

Baca Selanjutnya: Jokowi Ingatkan Jangan Beli Alkes...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini