Jokowi Minta Masyarakat Diberikan Pendampingan dalam Program Perhutanan Sosial

Selasa, 3 November 2020 11:35 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Minta Masyarakat Diberikan Pendampingan dalam Program Perhutanan Sosial Jokowi Berpakaian Adat NTT di HUT RI. ©2020 Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengingatkan pada jajarannya agar masyarakat didampingi dalam program perhutanan sosial. Sehingga, kata Jokowi masyarakat bisa memiliki kemampuan me-manage surat keputusan (SK) yang sudah diberikan.

"Paling penting adalah pendampingan untuk program-program lanjutan sehingga masyarakat di sekitar hutan itu memiliki kemampuan me-manage, memanajemeni SK yang sudah diberikan," kata Jokowi dalam rapat terbatas terkait Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Perhutanan Sosial melalui siaran teleconference di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/11).

Dia menjelaskan, masyarakat bisa diarahkan dalam aspek bisnis perhutanan sosial. Tidak hanya agroforestry, tetapi bisa masuk ke bisnis eco wisata, agro silvo pastoral, bisnis bio energy, bisnis hasil hutan bukan kayu, bisnis kayu.

"Rakyat semua sebetulnya bisa mensejahterakan tapi sekali lagi pendampingan ini sangat diperlukan," ungkap Jokowi.

Sementara itu, proses pendampingan juga harus terintegrasi yang dimulai dari SK sudah diberikan. Yaitu dengan memberikan sarana dan prasarana pelatihan. Dengan harapan pada tahun ini dan depan kata Jokowi akan muncul Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) yang bisa jadi contoh.

"Saya kira kalau itu dilakukan saya meyakini kelompok usaha perhutanan sosial akan bisa berkembang dengan baik tapi memang sekali lagi kita harus bekerja fokus," ungkap Jokowi.

"Kita jadikan contoh benchmarking untuk kelompok-kelompok usaha lain," tambah Jokowi. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini