Jokowi Minta Kepala Daerah Tidak Hambat Perizinan Investasi

Kamis, 29 April 2021 09:30 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Minta Kepala Daerah Tidak Hambat Perizinan Investasi Presiden Jokowi Hadiri KTT ASEAN Bahas Krisis Myanmar. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepada seluruh kepala daerah agar memberikan kemudahan dan percepatan perizinan untuk para investor. Hal tersebut dikatakan Jokowi saat memberikan arahan pada seluruh kepala daerah melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/4).

"Berkaitan dengan perizinan. Ini saya ulang-ulang terus karena masih banyak saya dengar urusan perizinan terhambat dan lama sehingga investasi, baik dari yang kecil menengah atau besar terhambat gara-gara perizinan yang tidak cepat," kata Jokowi.

Dia mengatakan, pemerintah sudah mengeluarkan UU Cipta Kerja agar cepat melayani perizinan. Karena, pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah tergantung pada investasi.

"Karena APBN tidak bisa tumbuh signifikan. APBD coba dilihat, YoY nya tidak bisa tumbuh signifikan. Artinya yang kita butuhkan adalah investasi dari swasta dan investasi dari swasta itu akan muncul kalau pelayanan perizinan, kecepatan kita layani mereka bisa kita lakukan. Kuncinya ada di situ. Kunci PE ada di Investasi," bebernya.

Jika di daerah investasi berjalan lancar, kata Jokowi, maka tambahan peredaran uang akan berjalan. Sehingga pendapatan pajak semakin meningkat.

"Kalau ada investasi di sebuah daerah artinya akan terbuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya," katanya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini