Jokowi Minta Jutaan Petani & Nelayan Miskin Segera Dapatkan Bantuan

Kamis, 28 Mei 2020 09:56 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Minta Jutaan Petani & Nelayan Miskin Segera Dapatkan Bantuan Jokowi tinjau kesiapan New Normal di MRT. ©TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN/POOL

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta pada jajarannya agar para petani dan nelayan miskin agar mendapatkan bantuan dari pemerintah. Hal tersebut bertujuan untuk membantu mereka di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Melalui program jaring pengaman sosial, pastikan 2,7 petani dan buruh tani miskin dan serta 1 juta nelayan harus masuk baik itu bansos, program gratis subsidi listrik, serta bantuan lain tujuan utama untuk meringankan beban dari keluarga yang kurang mampu termasuk petani dan nelayan miskin," katanya saat memimpin rapat terbatas terkait insentif bagi petani dan nelayan dalam ranga menjaga ketersediaan bahan pokok, Kamis (28/5).

Dia menjelaskan, skema tersebut bertujuan agar meringankan beban konsumsi rumah tangga. Termasuk, kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu, para nelayan dan petani.

"Tujuan utama skema program ini ringankan beban konsumsi rumah tangga dari yang kurang mampu, termasuk petani dan nelayan miskin," jelasnya.

Tidak hanya itu, pemerintah juga sudah menyiapkan skema lain untuk membantu petani dan nelayan. Yaitu memberikan stimulus modal kerja.

"Ini penting bagi usaha pertanian dan kelautan dan perikanan bagi petani dan nelayan penyalurannya perluasan program KUR, yang tidak bank bisa lewat UMMI, mekaar, dan skema lain," tutup Jokowi. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini