Jokowi Minta BMKG dan BNPB Bersinergi Edukasi Masyarakat agar Siap Hadapi Bencana

Kamis, 29 Juli 2021 11:53 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Minta BMKG dan BNPB Bersinergi Edukasi Masyarakat agar Siap Hadapi Bencana Kunjungan Jokowi di Indramayu. ©2021 Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden/editorial Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam menjalankan tugasnya juga memberikan edukasi berkelanjutan pada masyarakat di wilayah rawan bencana. BMKG bisa menggandeng Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait hal itu.

"Saya minta BMKG bukan hanya menyampaikan informasi cuaca, iklim, gempa dan tsunami yang lebih cepat dan dengan jangkauan yang lebih luas pada masyarakat. Tapi bersinergi bersama BNPB mengedukasi masyarakat bagaimana bersiap menghadapi bencana," kata Jokowi dalam sambutannya saat membuka rakornas BMKG dalam siaran virtual, Kamis (29/7).

Menurutnya, kesiapsiagaan dan ketangguhan masyarakat menghadapi ancaman bencana sangat perlu ditingkatkan. Sehingga tidak mudah terjebak informasi tidak benar alias hoaks.

"Sehingga tidak mudah kejebak pada kabar dan berita berita bohong," pungkasnya.

BMKG, katanya. juga bisa memanfaatkan kearifan lokal yang sudah ada di masyarakat untuk memperkuat ketahanan masyarakat terhadap bencana.

Tak kalah penting, pesan Jokowi, BMKG terus meningkatkan kapasitas manajemen pananggulangan dan adaptasi bencana. Terutama di tingkat daerah. Sehingga ketika terjadi bencana, semua pihak terkait juga masyarakat sudah tahu apa yang harus mereka lakukan.

"Dari tingkat kelurahan desa hingga provinsi, harus ada desain manajemen yang jelas yang melibatkan pemerintah, swasta dan masyarakat. Sejak fase prabencana, tanggap darurat dan pascabencana," pesan Jokowi. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini