Jokowi Minta BMKG Berikan Layanan Akurat, Cepat, Mudah untuk Masyarakat

Kamis, 29 Juli 2021 11:22 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Minta BMKG Berikan Layanan Akurat, Cepat, Mudah untuk Masyarakat Presiden Jokowi bagikan sembako dan vitamin di Sunter. ©BPMI

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta layanan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika harus disertai dengan inovasi yang mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Hal tersebut untuk meminimalkan resiko bencana yang akan dihadapi.

"Tingkatkan adaptasi teknologi untuk observasi, analisis, prediksi, dan peringatan dini secara lebih cepat dan akurat, agar kita lebih mampu meminimalkan risiko yang harus kita hadapi," kata Jokowi saat membuka rakornas BMKG dalam siaran virtual, Kamis (29/7).

Dia meminta agar peringatan BMKG bisa digunakan untuk rujukan dalam mengambil keputusan pemerintah diberbagai sektor. Mulai dari kekeringan, cuaca ekstrem hingga kualitas udara.

"Peringatan BMKG harus bisa dan harus digunakan sebagai rujukan dalam pengambilan keputusan pemerintah di berbagai sektor. Informasi dari BMKG seperti kekeringan, cuaca ekstrem, gempa dan kualitas udara harus menjadi perhatian dan acuan bagi berbagai sektor dalam merancang kebijakan dan pembangunan," ungkapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut pun menegaskan kebijakan nasional dan daerah harus diantisipasi terhadap kerawanan bencana. Sebab itu dia meminta sinergi dan kolaborasi antara BMKG dengan kementerian/lembaga serta pemda terus diperkuat.

"BMKG harus mampu memberikan layanan informasi yang akurat yang dapat diperoleh dengan cepat dan mudah. Sehingga informasi dan data dari BMKG tersebut bisa digunakan oleh kementerian/lembaga serta pemda dalam merancang kebijakan dan merencanakan pembangunan," tutup Jokowi. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini