Jokowi Mau Umumkan Ibu Kota Baru, Gubernur Kaltim Diundang ke Istana

Senin, 26 Agustus 2019 12:41 Reporter : Merdeka
Jokowi Mau Umumkan Ibu Kota Baru, Gubernur Kaltim Diundang ke Istana Isran Noor. langsungpilih.com

Merdeka.com - Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menghadiri pengumuman ibu kota baru, yang akan disampaikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Adapun Jokowi akan mengumumkan lokasi ibu kota pengganti DKI Jakarta, siang ini.

Berdasarkan pantauan, Isran tiba di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada pukul 12.20 WIB. Jokowi sendiri rencananya mengumumkan ibu kota baru pada pukul 13.00 WIB di Istana Negara Jakarta.

"Saya diundang oleh protokol untuk datang ke konferensi pers. Tapi tidak tahu konferensi pers nya seperti apa," ujarnya di lokasi, Senin (26/8).

Isran mengaku belum mengetahui apakah ibu kota baru yang akan dijadikan pusat pemerintahan akan berlokasi di Kalimantan Timur.

Sebelumnya, Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappenas) telah menyelesaikan seluruh kajian terkait pemindahan ibu kota baru ke Pulau Kalimantan. Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengumumkan lokasi ibu kota pengganti DKI Jakarta pada, Senin (26/8).

"Ya betul hari ini (lokasi ibu kota baru) akan diumumkan Presiden," ujar Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Adita Irawati saat dikonfirmasi Liputan6.com, Senin (26/8).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro telah menyerahkan dua kajian terkait pemindahan ibu kota, Jumat 23 Agustus 2019. Dia menjelaskan dua kajian tersebut mengenai struktur tanah dan dampak ekonomi pembangunan kota baru.

"Dua detail itu terkait dengan struktur tanah dan dampak ekonomi dari pembangunan kota baru. Jadi sudah kami serahkan, dan Presiden akan melihat dan mereview dan mudah-mudahan setelah itu akan ambil keputusan," kata Bambang usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (23/8).

Reporter: Lizga Egeham

Sumber: Liputan6.com [did]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini