Jokowi masih pertimbangkan tak lantik Komjen Budi jadi Kapolri

Rabu, 28 Januari 2015 17:16 Reporter : Muhammad Sholeh
Jokowi masih pertimbangkan tak lantik Komjen Budi jadi Kapolri jokowi soal kpk dan polri. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo mempertimbangkan 5 butir yang disampaikan tim independen. Termasuk saran agar Presiden Jokowi tidak melantik Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri karena berstatus sebagai tersangka dugaan rekening gendut.

"Ini sudah kami sampaikan (ke Jokowi). Responsnya dipertimbangkan, kami kan menyarankan. Tim Independen tidak di bawah presiden lo ini," kata Ketua Tim Independen Syafii Maarif dalam keterangan persnya di Kantor Setneg, Jakarta, Rabu (28/1).

Sedangkan Tim Independen Bambang Widodo Umar menambahkan, bukan tanpa sebab Presiden Jokowi diharapkan tidak melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri. Alasan lain adalah untuk menjaga marwah atau kewibawaan institusi penegak hukum.

"Ya sebagai penegak hukum kami jaga kewibawaan, nilai-nilai lembaga itu, kinerja mereka harus dijaga. Kami menjaga bagaimana proses nilai moral yang berkembang di Indonesia, begitu," jelas Widodo Umar.

Tim Independen telah memberikan sejumlah masukan dan segala pertimbangan kepada Presiden Joko Widodo di dalam mengatasi kisruh antara KPK dan Polri. Anggota Tim Independen Imam Prasodjo mengatakan, pihaknya memberikan pertimbangan dan alternatif kepada presiden beserta dampak-dampak yang timbul jika salah satu alternatif dipilih.

"Alternatif A, konsekuensinya ini, alternatif B konsekuensinya ini, C ini. Enggak ada satu pun yang mulus, tentu ada dampak-dampak yang harus ditanggung," kata Imam. [has]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini