Jokowi: Mandalika Kini Jadi Kawasan Maju dan Terkoneksi Internet

Rabu, 3 Februari 2021 09:20 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi: Mandalika Kini Jadi Kawasan Maju dan Terkoneksi Internet Mandalika. ©Kementerian PUPR

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Mandalika saat ini menjadi kawasan yang maju. Hal tersebut seiring dengan dijadikannya kawasan ekonomi khusus serta lokasi sirkuit MotoGP.

"Mandalika, kawasan pantai yang indah di Lombok, kian menggeliat maju. Mandalika dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus dan sirkuit untuk lomba balap tingkat dunia MotoGP dibangun di sana," katanya dalam akun instagramnya dikutip merdeka.com, Rabu (3/2).

Tidak hanya itu, dia menambahkan, Mandalika juga sudah terkoneksi. Dia mengatakan hal tersebut didukung dengan infrastruktur teknologi yang dihadirkan pemerintah. Salah satunya pada fasilitas internet kini bisa menjangkau seluruh masyarakat mulai dari pengusaha hingga anak-anak untuk bersekolah.

"Akses internet cepat pun kini menjangkau Mandalika yang disambut gembira semua orang, dari pengusaha, pegiat pariwisata, sampai anak-anak sekolah," ungkapnya.

Jokowi pun mengunggah video yang berdurasi sekitar 2 menit. Dalam video tersebut memperlihatkan Mandalika yang sudah terkoneksi dengan internet dan bermanfaat bagi pemasaran pariwisata. Hal tersebut diakui oleh Ketua Pokdarwis Desa Sukarara, Syamsul Bahri.

"Kalau dulu kami harus pergi ke Mataram, bayangin Mataram itu dari sini 4km bolak-balik untuk sekedar mengakses internet, untuk mempromosikan desa kami," kata Syamsul dalam video tersebut.

Sebelumnya diketahui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan pembangunan sirkuit di Mandalika selesai pada Juli tahun 2021. Begitu juga dengan pembangunan sejumlah fasilitas penunjang.

"Kita cukup yakin Juli (2021) akan siap sirkuitnya, fasilitas penunjangnya. Mudah-mudahan Oktober bisa diselenggarakan," kata Sandiaga, Rabu (20/1).

Sementara itu, terkait progres pemulihan sekaligus pengembangan lima destinasi super prioritas, Sandi mengatakan semua pihak telah bergerak. Sejumlah kementerian dalam Kabinet Indonesia Maju yang berkolaborasi dalam pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif nasional.

"All on progress, all on track, (semuanya sedang berjalan, semua sesuai rencana), termasuk yang Moto GP," imbuhnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini