Jokowi Larang Menteri Takziyah ke Rumah Ibundanya di Solo

Kamis, 26 Maret 2020 06:22 Reporter : Ronald
Jokowi Larang Menteri Takziyah ke Rumah Ibundanya di Solo Jokowi di depan jenazah sang bunda. ©2020 Merdeka.com/biro pers Istana

Merdeka.com - Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomiharjo dijadwalkan akan dikebumikan di Solo, Jawa Tengah, Kamis (26/3). Eyang Noto sapaan Sudjiatmi, meninggal dunia di Rumah Sakit Slamet Riyadi, Solo, Rabu (26/3) sore kemarin akibat sakit kanker yang ia derita selama 4 tahun.

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan, dirinya beserta menteri lainnya dilarang mendampingi Jokowi. Sebab, Jokowi meminta para menteri untuk di Jakarta. Dalam hal ini, Mahfud tak menjelaskan siapa saja menteri yang terpaksa batal ke Solo.

"Ketika mendengar kabar bahwa ibunda Pak Jokowi wafat saya mencoba mengkoordinir teman-teman anggota kabinet untuk bertakziyah ke Solo. Saya coba untuk meminjam pesawat TNI AU atau Polri," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (26/3).

"Tapi tiba-tiba ada arahan dari Presiden melalui Pak Pratikno dan Pak Pramono Anung agar para menteri tak pergi ke Solo, melainkan fokus pada tugas saja di Jakarta," sambungnya.
Dengan arahan tersebut, Mahfud meminta agar seluruh menteri lainnya untuk shalat ghaib. Shalat ghaib adalah shalat yang dilakukan tanpa ada jenazah.

Baca Selanjutnya: Menurutnya larangan ini bertujuan untuk...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini