Jokowi Lantik Indriyanto Seno Adji Jadi Dewas KPK

Rabu, 28 April 2021 15:48 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Lantik Indriyanto Seno Adji Jadi Dewas KPK Mantan Komisioner KPK Indriyanto Seno Adji. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Indriyanto Seno Adji. Indriyanto menjadi anggota Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggantikan Artidjo Alkostar. Pelantikan dilakukan dengan protokol kesehatan di Istana Negara, Rabu (28/4).

Pelantikan Indriyanto berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 73/B/2021 Tentang Pengangkatan Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi Pengganti Antar Waktu Sisa Masa Jabatan 2019-2023. Setelah dilakukan pembacaan Keputusan Presiden, Indriyanto langsung membacakan sumpah di hadapan Jokowi.

"Saya bersumpah/berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa saya untuk melaksanakan tugas ini, langsung atau tidak langsung, dengan menggunakan nama atau cara apapun juga, tidak memberikan atau menjanjikan sesuatu apapun kepada siapapun juga," kata Indriyanto saat membacakan sumpah, Rabu (28/4).

Dia juga bersumpah tidak akan menerima janjian atau pemberian dari pihak manapun. Selanjutnya dia juga berjanji akan setia dan mempertahankan, mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peraturan perundang-undangan yang berlaku bagi negara Republik Indonesia.

"Saya bersumpah/berjanji bahwa saya senantiasa akan menjalankan tugas dan wewenang saya ini dengan sungguh-sungguh, seksama, obyektif, jujur, berani, adil, tidak membeda-bedakan jabatan, suku, agama, ras, gender, dan golongan tertentu dan akan melaksanakan kewajiban saya dengan sebaik-baiknya, serta bertanggung jawab sepenuhnya kepada Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat, bangsa, dan negara," ungkapnya.

Sebelumnya, mantan anggota Dewas KPK Artidjo Alkostar meninggal dunia pada 28 Februari 2021. Mantan Hakim Agung itu kemudian dimakamkan di kompleks pemakaman Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Artidjo resmi menjadi salah satu anggota Dewan Pengawas KPK usai membacakan sumpah dan janji pada Jumat, 20 Desember 20219 lalu di Istana Kepresidenan. Tak sendiri, Artidjo Alkostar diangkat sebagai Dewas KPK bersama mantan Hakim MK Harjono, Peneliti LIPI Syamsuddin Haris, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kupang Albertina Ho, dan Wakil Ketua KPK periode 2003-2007 Tumpak Hatorangan Panggabean.

Artidjo Alkostar sudah 18 tahun menduduki posisi Hakim Agung sebelum akhirnya pensiun pada 22 Mei 2018 di usia 70 tahun. Ia pun dikenal sebagai hakim yang keras pada koruptor. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini