Jokowi Lantik Duta Besar RI untuk Sudan, Filipina dan Selandia Baru

Rabu, 12 Januari 2022 10:28 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Lantik Duta Besar RI untuk Sudan, Filipina dan Selandia Baru Presiden Joko Widodo ©Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik 3 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) Republik Indonesia untuk negara sahabat, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/1). Salah satu yang dilantik yaitu Purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan Darat, Letnan Jenderal TNI Agus Widjojo menjadi Duta Besar LBBP RI untuk Filipina.

Pelantikan 3 Duta Besar LBBP RI ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 4/P Tahun 2022 Tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia. Keppres yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti itu ditetapkan tanggal 11 Januari 2022. Usai pembacaan Keppres, Jokowi kemudian mengambil sumpah para Dubes LBBP yang dilantik.

"Saya bersumpah/berjanji bahwa saya untuk diangkat menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Joko Widodo saat mendiktekan penggalan sumpah jabatan Dubes LBBP, Rabu (12/1).

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan melaksanakan dengan setia segala perintah dan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah pusat dan saya akan memenuhi dengan setia segala kewajiban yang ditanggungkan kepada saya sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh,” lanjutnya.

Adapun nama-nama Dubes LBBP RI yang dilantik, yaitu:

1. Sunarko, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Sudan, berkedudukan di Khartoum;
2. Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau, berkedudukan di Manila; dan
3. Fientje Maritje Suebu, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook, dan Niue, berkedudukan di Wellington.

Baca juga:
Orangtua jadi Korban Mafia Tanah, Dubes RI untuk Papua Nugini Lapor ke Bareskrim
Jokowi Lantik 12 Duta Besar RI
Jokowi akan Lantik 12 Duta Besar, Ada Tumpal Simanjuntak dan Muhammad Prakosa
PPP Sebut Jokowi Butuh Jubir Seperti Wimar Witoelar dan Julian Aldrin Pasha
Fadjroel Rachman Jadi Dubes Kazakhstan, Jokowi Belum Pilih Jubir yang Baru
Jokowi Lantik 17 Duta Besar RI, Jubir Fadjroel Rachman Jadi Dubes Kazakhstan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini