Jokowi lantik 9 gubernur dan wagub terpilih hasil pilkada serentak 2018

Rabu, 5 September 2018 10:31 Reporter : Supriatin
Pelantikan 9 gubernur dan wakil gubernur di Istana. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo melantik sembilan pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil pilkada serentak 27 Juni 2018 lalu. Pelantikan berlangsung di Istana Negara disaksikan pejabat tinggi negara dan para pimpinan parpol.

Prosesi pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pelantikan gubernur dan wakil gubernur di Istana Merdeka.

Usai menyerahkan petikan Keppres, Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin pasukan kirab. Pasukan kirab yang merupakan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) ini bergerak dari Istana Merdeka menuju Istana Negara.

Mereka membawa sejumlah alat musik marching band dan dimainkan sepanjang kirab. Jokowi dan JK berada di posisi paling depan pasukan. Sementara di belakang Jokowi dan JK, ada gubernur dan wakil gubernur yang akan dilantik. Mengenakan pakaian dinas lengkap putih-putih, 9 pasangan gubernur dan wagub terpilih berjalan dari luar Istana Negara menuju ruang pelantikan dikawal Paspampres.

Setiba di Istana Negara, Jokowi menyaksikan pembacaan Keppres pelantikan sembilan gubernur dan wakil gubernur. Jokowi kemudian memimpin pengucapan sumpah jabatan para gubernur dan wakil gubernur.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wagub dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD Negara RI tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa," ucap para gubernur dan wakil gubernur secara serentak.

Sembilan pasangan gubernur dan wakil gubernur yang dilantik hari ini adalah:

1. Gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo- Taj Yasin.
2. Gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.
3. Gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji-Ria Norsan.
4. Gubernur dan wakil gubernur Papua, Lukas Enembe-Klemen Tinal.
5. Gubernur dan wakil gubernur Bali, I Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardana.
6. Gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah.
7. Gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi-Lukman Abunawas.
8. Gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah-Sumarsono
9. Gubernur dan wakil gubernur Nusa Tenggara Timur l, Viktor Laiskodat- Josef Nae Soi.

Usai pembacaan sumpah, para gubernur dan wakil gubernur menandatangani surat keputusan presiden.

Hadir dalam pelantikan ini, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri PAN RB Syafruddin, Menkum HAM Yasonna Hamonangan Laoly, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono, serta Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Hadir juga Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Ketua Umum PDI Perjuangan yang juga Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Kemudian Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono, Ketua Umum PPP Romahurmuziy, dan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini