Jokowi Kurban Sapi Limousine dan Jawa di Solo Seharga Rp125.500.000

Selasa, 20 Juli 2021 17:58 Reporter : Arie Sunaryo
Jokowi Kurban Sapi Limousine dan Jawa di Solo Seharga Rp125.500.000 Hewan kurban milik Jokowi. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirim dua sapi kurban seharga Rp125.500.000 ke Solo. Sapi yang dibeli dari peternak di Boyolali tersebut, hari ini tiba di Masjid Agung Keraton Surakarta (Masjid Agung Solo) dan Masjid Al Wustho, Mangkunegaran.

Pemilik sapi, Munawar mengatakan, berat kedua sapi yang dikirim ke kedua masjid sama, yakni 837 kilogram. Meski berbeda jenis, usia kedua sapi juga hampir sama, yakni 4 tahun.

"Yang kita kita kirim ke Masjid Mangkunegaran jenis sapi Limousine, beratnya 837 kg, harga Rp62.500.000," ujar Munawar saat ditemui wartawan di Masjid Agung Solo, Selasa (20/7).

Sedangkan sapi untuk Masjid Agung Keraton, merupakan sapi jenis Peranakan Ongole (PO) atau sapi Jawa. Berat sapi tersebut sama dengan yang dikirim ke Al Wustho Mangkunegaran, yakni 837 kg dengan harga Rp63.000.000.

Munawar mengaku memelihara kedua sapi dengan seksama. Selain pakan, sapi sapi peliharaannya juga diberikan vitamin. Pihaknya juga meminta bantuan mantri hewan untuk secara berkala mengontrol kesehatan hewan kurban tersebut.

"Selain vitamin, makanannya harus ajek (sering), rumputnya harus banyak. Makanya sapi ini bisa ngempel (gemuk), pertumbuhannya lancar," bebernya.

"Saya kan punya sapi lima. Ini yang kita istimewakan. Ini perlu biaya banyak, karena lama memeliharanya. Kalau yang lain kan cuma 5-6 bulan," katanya.

Takmir Masjid Agung Solo, Muchtarom mengatakan, panitia kurban baru akan memotong sapi bantuan Jokowi tersebut pada Rabu (21/7) besok. Pemotongan dilakukan berbarengan dengan hewan kurban lainnya. Yakni lima sapi dan satu kambing. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini