Jokowi Kurban 34 Sapi untuk IdulAdha 2022, Beratnya Ada yang Satu Ton

Selasa, 5 Juli 2022 19:16 Reporter : Merdeka
Jokowi Kurban 34 Sapi untuk IdulAdha 2022, Beratnya Ada yang Satu Ton Sapi Jokowi di Masjid Agung Solo. ©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan 34 ekor sapi sebagai hewan kurban untuk Hari Raya IdulAdha 1443 Hijriah. Adapun 34 sapi itu disumbangkan ke masing-masing provinsi di Indonesia.

"Sebagaimana secara rutin dilaksanakan setiap tahun menjelang Hari Raya IdulAdha 1443 Hijriah kali ini presiden akan memberikan bantuan sapi ke seluruh Provinsi," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Selasa (5/7).

Menurut dia, satu sapi yang disumbangkan Jokowi memiliki berat 800 kilogram hingga 1 ton dengan penyaluran dikoordinasikan Sekretariat Presiden. Heru menyampaikan masjid uang menerima sapi dari Jokowi ditetapkan oleh gubernur masing-masing daerah.

"Adapun Mesjid yang akan menerima sapi bantuan Bapak Presiden dimaksud ditetapkan oleh Gubernur masing-masing Provinsi," sambung Heru.

2 dari 2 halaman

Jokowi Rutin Berkurban

Dia menyampaikan pihaknya telah bekerja sama dengan Kementerian Pertanian untuk memastikan sapi-sapi yang disalurkan tersebut dalam keadaan sehat. Khususnya, terbebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Sekretariat Presiden bekerjasama dengan Kementerian Pertanian dhi Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk memastikan bahwa semua sapi dalam keadaan sehat, khususnya dari PMK," tutur Heru.

Sebagai informasi, penyaluran hewan kurban ini memang menjadi tradisi yang selalu dilakukan Jokowi setiap menyambut Hari Raya IdulAdha. Pada IdulAdha 2021 lalu, Jokowi menyumbang 34 ekor sapi ke semua provinsi dan 1 ekor diserahkan ke Masjid Istiqlal Jakarta.

Seperti diketahui, pemerintah telah resmi menetapkan 1 Dzulhijah 1443 Hijriah/2022 Masehi jatuh pada Jumat 1 Juli 2022. Dengan begitu, maka Hari Raya IdulAdha jatuh pada Minggu 10 Juli 2022 setelah diputuskan melalui sidang isbat, Rabu 29 Juni 2022.

Reporter: Lizsa Egeham/Liputan6.com [gil]

Baca juga:
Bagikan Bansos di Semarang, Jokowi: Jangan Dibelikan Handphone Apalagi Pulsa
Jokowi Minta Polri Kawal Pembangunan IKN, G20, hingga Pemilu 2024
Daftar Kekayaan Terbaru Para Menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf
Jokowi Bisa jadi 'King Maker' di Pilpres 2024, Ini Alasannya
Pemerintah: Pandemi Belum Usai, Vaksin Booster Jadi Syarat Perjalanan
Jokowi Besok jadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun Bhayangkara di Semarang
Berebut Jokowi Effect

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini