Jokowi Kunker ke Kampung Halaman, Ini Agendanya Selama di Jawa Tengah

Sabtu, 15 Februari 2020 09:30 Reporter : Merdeka
Jokowi Kunker ke Kampung Halaman, Ini Agendanya Selama di Jawa Tengah Presiden Jokowi. ©2017 Biro Pers Istana

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi diagendakan melakukan sejumlah kegiatan dalam kunjungan kerja di Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (15/2). Jokowi akan meninjau kebun bibit dan dam penahan erosi di Desa Jatisrono, Kabupaten Wonogiri.

Di lokasi yang sama, mantan Gubernur DKI Jakarta juga direncanakan melakukan penanaman pohon porang, buah-buahan, hingga vetiver. Penanaman pohon tersebut dilakukan dengan sistem agroforestri bersama masyarakat setempat.

Pada malam harinya, mantan Wali kota Solo itu meresmikan renovasi dan pengembangan Stadion Manahan di Kota Surakarta. Stadion tersebut direnovasi sejak Agustus 2018.

Stadion Manahan merupakan satu dari enam stadion yang telah dipilih oleh FIFA untuk menjadi stadion penyelenggara pertandingan Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2021. Setelah renovasi, Stadion Manahan dapat menampung 20 ribu penonton dengan kursi tunggal.

1 dari 1 halaman

Usai peresmian, Jokowi diagendakan untuk menyaksikan laga persahabatan antara Persib Bandung melawan Persis Solo. Ini kedua kalinya Jokowi menanam pohon vetiver. Tanaman vetiver sendiri pertama kali diperkenalkan Jokowi saat berkunjung ke Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Menurut dia, tanaman vetiver sangat ampuh menahan longsor karena dalam kurun waktu setahun, akarnya bisa tumbuh 50 centimeter hingga 1 satu meter. Sementara dalam waktu 3 tahun tingginya mencapai empat meter.

Untuk itu, Jokowi meminta agar vetiver mulai ditanam di daerah-daerah yang berpotensi terjadi banjir dan longsor. Selain vetiver, dia menyebut masyarakat juga bisa menanam tanaman lain.

Reporter: Lizsa Egeham [ray]

Baca juga:
Jokowi Cek Pengendali Lahar Dingin Gunung Merapi Setelah Erupsi
Presiden Jokowi Akan Resmikan Stadion Manahan Besok
Tanam Pohon di Merapi, Jokowi Tegaskan Komitmen Jaga Ekosistem
Jokowi Ingin Semakin Banyak Elang Jawa Dilepasliarkan di Merapi
PKS Sebut Harga BBM Tak Sama Rata Sesuai Klaim Presiden Jokowi

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini