KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Jokowi: Kota bisa hijau asal punya niat

Selasa, 10 Juli 2012 21:06 Reporter : Vincent Asido Panggabean
Jokowi naik KRL. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Calon gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, malam ini menerima penghargaan Green City atas keberhasilannya menghijaukan Kota Solo. Pria yang akrab disapa Jokowi ini mengutarakan, keberhasilan yang diraih Kota Solo tersebut karena konsep penghijauan yang dijalankan enam tahun lalu.

"Iya ini kan sudah dikerjakan, jadi ada sebuah konsep, ada sebuah perencanaan, lalu blueprint yang kita eksekusi, kemudian sudah dijalankan enam tahun yang lalu. Kalau namanya enam tahun yang lalu, kemudian sekarang sudah hijau, dan dinilai green iya memang green," ujar Jokowi, kepada wartawan.

Hal itu disampaikannya usai menerima penghargaan penghargaan yang diberikan oleh The La Tofi School of CSR, di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa (10/7) malam.

Dia mengatakan, nantinya Jakarta juga akan dihijaukan seperti Kota Solo, jika dirinya menjadi gubernur DKI Jakarta. "Iya nanti Jakarta juga green. Akan di green kan," sahutnya.

Ditanyakan trik khusus untuk membuat penghijauan di Kota Jakarta, Jokowi menjelaskan, akan membeli lahan-lahan untuk melakukan penghijauan.

"Iya jadi memang banyak yang mengatakan di sini tidak ada lahan, iya jadi beli lahan, stock sebanyak-banyaknya lahan, hijaukan kalau memang niatnya mau hijau. Kalau niatnya sudah tidak punya, iya lupakan saja," jelasnya.

Jokowi mengutarakan, program penghijauan sebetulnya bisa dijalankan. Dikatakannya, semua bisa dilakukan asal mempunyai niat dan keinginan untuk menuju ke arah itu.

"Saya kira di sini kan baru 8 persen ruang hijaunya. Nah nanti akan kita bangun lebih dari 20 persen, dan nanti ruang privat dan publiknya lebih dari 30 persen," jelasnya.

Dia mengatakan, kota yang sehat adalah kota yang ruang terbuka hijaunya banyak. Bahkan lebih dari 30 persen. Karenanya, Jokowi memastikan, nantinya untuk melaksanakan penghijauan di Jakarta jika terpilih.

"Iya namanya kan beli, bukan digusur. Jadi beli lahan kemudian dihijaukan, kan sudah bilang tidak pernah gusur kita ini," pungkasnya. [ren]

Topik berita Terkait:
  1. Jokowi
  2. Solo
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.