Jokowi Keluhkan Proyek Tol Cisumdawu Terhambat Karena Pembebasan Lahan

Selasa, 7 Juli 2020 10:57 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Keluhkan Proyek Tol Cisumdawu Terhambat Karena Pembebasan Lahan Terowongan di Tol Cisumdawu. ©Liputan6.com/Bawono Yadika

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengingatkan agar persoalan pembebasan lahan serta pengembalian dana talangan tanah tidak menghambat pengerjaan proyek infrastruktur. Seperti pembangunan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang belum rampung karena terhambat persoalan itu.

"Pembangunan jalan Tol Cisumdawu. Ini jalan tol penting sekali, tapi terhambat. Saya melihat ada proses pembebasan lahannya yang terhambat. Kemudian pengembalian dana talangan tanah juga terhambat karena urusan administrasi," kata Jokowi saat rapat terbatas terkait Percepatan Pembangunan PSN Jalan Tol Trans Sumatera dan Tol Cisumdawu di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (7/7).

Masalah seperti itu beberapa kali disorot Jokowi. Oleh karena itu, Jokowi meminta agar peraturan dibuat lebih sederhana dan ringkas agar tidak menghambat.

"Kita alami dan tidak ada penyelesaian secara permanen. penyelesaiannya secara kasus per kasus. Kita buat regulasi yang sederhana, yang ringkas, yang cepat. sebetulnya solusinya itu," ungkap Jokowi.

Dia menugaskan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan A Djalil, mencari solusi mengatasi masalah tersebut. Kepada Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Jokowi juga meminta agar dibuat aturan teknis terkait proyek tersebut.

"Ini saya minta segera diselesaikan, dirampungkan semuanya. Kita butuh percepatan karena ini akan menyangkut juga Bandara Kertajati," tegas Jokowi. [lia]

Baca juga:
Menteri Basuki: Jalan Tol Desari Akan Diperpanjang Sampai Bogor
Memantau Progres Pembangunan Skybridge CSW
Tol Bertingkat Terpanjang RI Groundbreaking Juli, Siap Serap Ribuan Tenaga Kerja
Tol Desari Seksi II Dibuka dan Bertarif Rp0
Progres Pembangunan Flyover Cakung
Pembangunan Bendungan Cipanas Rp1,3 T Capai 59 Persen, Target Selesai 2022
Kemacetan Mengular Imbas Underpass Senen Ditutup

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini