Jokowi: Keluarga Merebut Jenazah Positif Covid-19 Jangan Terjadi Lagi

Senin, 29 Juni 2020 11:24 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi: Keluarga Merebut Jenazah Positif Covid-19 Jangan Terjadi Lagi Jokowi Pimpin Rapat Kabinet Paripurna Perdana di Istana. ©2019 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta jajaran pemerintah pusat memberikan petunjuk untuk daerah-daerah yang akan menerapkan tatanan normal baru atau The New Normal. Mulai dari prakondisi, waktu atau timingnya, hingga prioritas sektor mana saja yang akan dibuka.

"Tahapannya betul-betul dilalui baik itu prakondisi, timingnya kapan, diberikan panduan, ada guidance dari pusat sehingga mereka tidak salah, Ketiga prioritas sektor mana yang dibuka itu betul-betul diberikan panduan," kata Jokowi dalam rapat terbatas terkait percepatan penanganan dampak pandemik Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (29/6).

Kemudian, Mantan Wali Kota Solo tersebut, juga meminta agar para tokoh agama, masyarakat, budayawan hingga antropolog untuk bisa dilibatkan. Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi adanya keluarga pasien meninggal akibat Covid-19 yang mengambil paksa jenazah.

"Kita libatkan sehingga jangan sampai terjadi lagi merebut jenazah yang jelas-jelas covid oleh keluarga saya kira itu sebuah hal yang harus kita jaga jangan terjadi lagi setelah ini," kata Jokowi.

1 dari 1 halaman

Jokowi juga meminta agar saat adanya sosialisasi pada masyarakat terkait pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) atau rapid tes. Jangan sampai kata Jokowi ada penolakan dari masyarakat.

"Karena apa? datang-datang pake PCR, datang-datang bawa rapid test, belum ada penjelasan tapi tidak didahului sosialisasi dulu ke masyarakat yang ingin didatangi sehingga yang terjadi adalah penolakan," kata Jokowi. [rnd]

Baca juga:
Jokowi Tegur Menkes Terawan: Buat Aturan Jangan Bertele-Tele, Sederhanakan!
Analisa Pakar: Jokowi Jengkel, Menteri Minim Pemahaman, Birokrat Gagap
Menteri Berkinerja 'Jeblok' Siap-siap Direshuffle, Siapa Mereka?
Kejengkelan Jokowi Lihat Kerja Menteri, Tak Sudi Lihat Rakyat Mati Dulu Baru Dibantu
Jokowi Minta Para Menteri Buat Terobosan Baru Percepat Penanganan Covid-19
Jokowi Singgung Reshuffle Kabinet, PPP Sebut Kewenangan Presiden

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini