Jokowi: Kekayaan Laut Harus Dimanfaatkan Secara Arif dengan Prinsip Blue Ekonomi

Rabu, 13 Oktober 2021 13:15 Reporter : Merdeka
Jokowi: Kekayaan Laut Harus Dimanfaatkan Secara Arif dengan Prinsip Blue Ekonomi Jokowi di Malioboro. ©Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan kekayaan laut Indonesia adalah sebuah anugerah. Pemanfaatannya tentu harus dilakukan dengan arif dengan prinsip blue ekonomi.

Pernyataan ini disampaikan Jokowi di hadapan peserta Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXIII dan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXII Tahun 2021 Lemhannas di Istana Negara Jakarta, Rabu (13/10).

"Kekayaan laut kita harus dimanfaatkan secara arif dengan prinsip blue ekonomi yang penangkapannya terukur juga dibarengi dengan penanaman mangrove, rumput laut, budi daya ikan sehingga semua berkelanjutan," katanya.

"Jangan hanya dilarang tidak boleh ditangkap , solusinya apa? Ini anugerah Tuhan yang diberi ke kita," sambung Jokowi.

Namun Jokowi kembali mengingatkan, penangkapan juga tidak bisa dilakukan serampangan. Nelayan harus adaptif dengan teknologi baru seperti aqua culture yang memperhatikan ekosistem laut.

"Sekali lagi penggunaan teknologi baru , aqua culture harus mulai berani kita kenalkan kepada nelayan kita, jadi bukan hanya budaya tangkap saja,” tutupnya.

Reporter: M Radityo/Liputan6.com [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini